Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 42 Pembahasan Tajwid Lengkap

 Assalamualaikum wr wb, hai teman-teman selamat datang di blog kajian muslim, blog tempatnya pembelajaran umat islam, pada kesempatan kali ini kita akan meneruskan pembahasan dan pembelajaran hukum tajwid namun tentu saja dengan ayat yang berbeda dalam al-quran agar materi yang disediakan di blog ini beragam, jika di artikel sebelumnya kita membahas hukum tajwid surat yunus ayat 32 maka disini kita akan membahas hukum tajwid ayat 42, alasan saya membahas hukum tajwid pada ayat ini karena adanya pencarian dari keyword hukum tajwid ayat 42, walaupun pencariannya tidak banyak tapi diluar sana ada yang mencari materi ini maka dari itu kita harus membantu mereka agar mereka dapat menemukan pembahasan hukum tajwid yang relevan.

Pada setiap pembahasan hukum tajwid seperti biasa kami selalu mengingatkan tentang hukum dari belajar hukum tajwid ini agar bila mana ada teman kita yang baru bergabung untuk belajar hukum tajwid tau tentang hukumnya, hukum belajar tajwid adalah fardhu ain, artinya wajib bagi umat islam yang membaca ayat al-quran, maka dari itu belajar hukum tajwid adalah salah satu pembelajaran yang sangat penting, jika kalian bingung mau belajar dimana, kalian boleh belajar disini, kami banyak menyediakan materi hukum tajwid di blog ini untuk dipelajari bahkan bagi seorang pemula sekalipun dapat mempelajarinya, tapi saran saya akan lebih afdol jika didampingi oleh unstad atau bah yai setempat agar pemahaman hukum tajwid dapat lebih terperinci lagi.

Nah semoga dengan pembahasan singkat tentang hukum belajar tajwid diatas dapat dengan mudah kalian pahami, berikut ini mari kita masuk kedalam pembahasan hukum tajwid pada surat yunus ayat 42 dalam al-quran.


SURAT YUNUS

Surat yunus adalah surat ke 10 dalam al-quran.

Tergolong kedalam golongan surat makkiyyah.

Keseluruhan surat ada 109 ayat.

Surat yunus ada pada juz ke 11 dalam alquran.

Pembahansan hukum tajwid : Surat yunus ayat 42.

Banyaknya hukum tajwid ada 12.


SURAT YUNUS AYAT 42

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 42 Pembahasan Tajwid Lengkap
Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 42


HUKUM TAJWID SURAT YUNUS AYAT 42

1. Idzhar Halqi

Yaitu Nun mati bertemu dengan huruf HA besar, Cara membacanya harus jelas, dengan suara N, serta tidak memakai ghunah, yaitu dimana nun mati atau tanwin berhadapan dengan huruf idzhar.

Kenapa disebut idzhar halqi? Karena huruf-huruf itu adalah huruf halqi (huruf yang keluarnya dari tenggorokan).


2. Idgham Mutama Silaini

Yaitu mim mati bertemu mim, cara membacanya masuk dengan dengung, idgham ini juga dinamakan idgham mimi atau idgham mislain.


3. Idgham Bigunah

Yaitu Nun mati bertemu dengan huruf ya, Idgham bigunah yaitu idgham yang memakai ghunah (Cara membacanya dengan cara mendengung ke hidung)

Penjelasan umum - Idgham yaitu suara nun mati hilang dimasukan kepada huruf yang ada di hadapannya (Huruf Idgham


4. Mad Thabi’i 

Yaitu wau mati sebelumnya ada bais dhamah, dibacanya panjang dua harakat.


5. Waqaf Qof lam, Artinya Alwaqfu aula, artinya lebih baik waqaf daripada washal.


6. Ikhfa Aqrob

Nun mati bertemu dengan huruf ta, Cara membacanya mendekati idzhar tidak terlalu mendengung.

Penjelasan umum - Yaitu suara nun mati dibaca samar.


7. Alif Lam Syamsiyah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf shod (Huruf syamsiyah / Matahari), kenapa disebut alif lam syamsiyah? Sebab alif lam itu dibacanya tidak jelas hilang sama sekali, yang terdengar hanya huruf syamsiyahnya saja yang berada dihadapannya, itu di ibaratkan kita sedang melihat matahari, bentuk matahari itu terlihat tidak jelas, yang terlihat hanya cahayanya saja karena silau.


8. Idgham maal ghunah

Yaitu mim yang bertasydid cara membacanya harus dengan gunah (Mendengung ke hidung), disebut juga idgham wajib gunah atau gunah musadad.


9. Mad Thabi’i 

Yaitu Alif mati sebelumnya ada bais fatah, dibacanya panjang dua harakat.


10. Mad Thabi’i 

Yaitu wau mati sebelumnya ada bais dhamah, dibacanya panjang dua harakat.


11. Mad Thabi’i 

Yaitu Alif mati sebelumnya ada bais fatah, dibacanya panjang dua harakat.


12. Mad aridlisukun

Yaitu mad thabi’i berhadapan dengan huruf yang hidup (yang ada harakatnya) ketima di waqafkan, panjangnya dibaca 2 sampai 6 harakat.

Nah teman-teman itulah pembahasan hukum tajwid surat yunus ayat 42, semoga pembahasan hukum tajwid di blog ini bermanfaat buat kalian, jangan lupa pelajari juga tentang hukum tajwid pada surat yang lainnya ya, untuk pembahasan kali ini kami cukupkan sampai disini, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 42 Pembahasan Tajwid Lengkap