Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 109 Materi Lengkap

 Assalamualaikum wr wb, hai semua bagai mana kabar kalian? apakah dalam keadaan baik! kami doakan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dilindungi oleh allah swt, diberikan rizki yang melimpah dan dimudahkan dalam segala urusan, pada kesempatan pembahasan kali ini kami akan melanjutkan pembahasan tentang hukum tajwid, materi yang akan dibahas pada halaman ini adalah hukum tajwid pada surat thaha ayat 109, sebelumnya kita telah membahas beberapa ayat dari surat thaha ini dan semoga pembahasannya dapat dengan mudah kalian pelajari, dan untuk surat thaha ayat 109 juga semoga menjadi materi yang mudah dipahami dan di mengerti juga.

Sebelum masuk kedalam pembahasan hukum tajwid kami selalu mengingatkan bahwa belajar hukum tajwid pada saat membaca al quran hukumnya adalah fardu ain, fardhu ain adalah hukum yang wajib dipelajari oleh seluruh umat islam, maka dari itu bagi teman-teman harus bisa menguasai hukum tajwid ini, bagi yang masih awam atau bingung dalam mempelajari hukum tajwid maka belajarlah disini, materi telah kami siapkan, akan tetapi akan lebih afdol jika didampingi oleh tuan guru ustad, pak yai agar lebih faham tentang materi yang kami bagikan disini, nah berikut ini adalah pembahasan hukum tajwid surat thaha ayat 109 mari kita pelajari bersama-sama.


SURAT THAHA AYAT 109

Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 109
Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 109


HUKUM TAJWID SURAT THAHA AYAT 109

1. Idgham Bilagunah

Tanwin bertemu dengan huruf lam, Idgham bigunah yaitu idgham yang tidak memakai ghunah, cara membacanya tidak mendengung ke hidung.

Penjelasan umum - Idgham yaitu suara tanwin hilang dimasukan kepada huruf yang ada di hadapannya (Huruf Idgham).


2. Mad Thabi’i 

Yaitu Alif mati sebelumnya ada bais fatah, dibacanya panjang dua harakat.


3. Ikhfa Ausath

Nun mati bertemu dengan huruf fa, Cara membacanya nun mati atau tanwin condong ke huruf M.

Penjelasan umum - Yaitu suara nun mati dibaca samar.


4. Alif Lam Syamsiyah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf syin (Huruf syamsiyah / Matahari), kenapa disebut alif lam syamsiyah? Sebab alif lam itu dibacanya tidak jelas hilang sama sekali, yang terdengar hanya huruf syamsiyahnya saja yang berada dihadapannya, itu di ibaratkan kita sedang melihat matahari, bentuk matahari itu terlihat tidak jelas, yang terlihat hanya cahayanya saja karena silau.


5. Mad Thabi’i 

Yaitu Alif mati sebelumnya ada bais fatah, dibacanya panjang dua harakat.


6. Mad Thabi’i 

Yaitu Alif mati sebelumnya ada bais fatah, dibacanya panjang dua harakat.


7. Idzhar Halqi

Yaitu Nun mati bertemu dengan huruf hamzah, Cara membacanya harus jelas, dengan suara N, serta tidak memakai ghunah, yaitu dimana nun mati atau tanwin berhadapan dengan huruf idzhar.

Kenapa disebut idzhar halqi? Karena huruf-huruf itu adalah huruf halqi (huruf yang keluarnya dari tenggorokan).


8. Alif Lam Syamsiyah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ro (Huruf syamsiyah / Matahari), kenapa disebut alif lam syamsiyah? Sebab alif lam itu dibacanya tidak jelas hilang sama sekali, yang terdengar hanya huruf syamsiyahnya saja yang berada dihadapannya, itu di ibaratkan kita sedang melihat matahari, bentuk matahari itu terlihat tidak jelas, yang terlihat hanya cahayanya saja karena silau.


9. Mad thabi’i 

Yaitu alif mati sebelumnya ada baris fatah, alifnya dibuang, tanda vertical di atas menandakan ada alif yang dibuang.


10. Mad Silah Qosiroh

Yaitu sebelum ha dhamir ada huruf yang hidup (berharakat), panjangnya 2 harakat.


11. Mad Iwad

Yaitu tanwin fatah diwaqafkan atau berhenti pada kalimah yang ahirannya terdapat tanwin fatah kecuali tanwin fatah pada huruf ta marbutah, panjangnya dibaca dua harakat.

Nah teman-teman itulah diatas tentang pembahasan hukum tajwid surat thaha ayat 109, semoga pembahasan ini bermanfaat buat kalian, jika materi pembelajaran dirasa kurang silahkan untuk mempelajari hukum tajwid yang lainnya yang ada di blog ini, kami telah membuat materi hukum tajwid yang lumayan banyak, untuk pembahasan ini kami cukupkan sampai disini akhir kata kami ucapkan wasalam.





Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 109 Materi Lengkap