Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 1 Pembahasan Lengkap Per Kata

 Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan pembahasan kali ini kami akan membagikan ilmu seputar hukum tajwid yang ada pada ayat 1 surat yunus, materi ini kami buat khusus bagi teman-teman yang awam tentang hukum tajwid, materi tajwid disini kami buat dengan rinciannya agar dapat mudah dimengerti dan dipahami, satu hal yang harus teman-teman tahu bahwa belajar hukum tajwid hukumnya adalah fardhu ain artinya wajib bagi seluruh umat islam yang membaca al-quran, kata-kata ini selalu kami ingatkan hampir disetiap pembahasan hukum tajwid agar yang baru belajar dan berkunjung ke blog ini tahu tentang hukum belajar ilmu tajwid.

Maka dari itu giatlah belajar agar hukum tajwid bisa teman-teman kuasai ketika membaca al-quran, semoga dengan adanya materi pembahasan hukum tajwid disini teman-teman dapat belajar dengan sungguh-sungguh, berikut ini adalah pembahasan hukum tajwid surat yunus ayat 1 lengkap dengan rinciannya perkata mari kita pelajari bersama.


SURAT YUNUS AYAT 1

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 1
Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 1


HUKUM TAJWID SURAT YUNUS AYAT 1

1. Huruf Lam awal surat, Mad Lazim Muharfi Musyba panjangnya dibaca 6 harakat.

Keterangan: Hukum ini ada di awal surat Hurufnya ada delapan yaitu nun, qof, shod, ain, sin, lam, kaf, mim. 


2. Huruf Ra awal surat, Mad Lazim Mukhafaf Harfi Panjangnya 2 harakat

Keterangan: Hukum ini adanya di awal surat, hurufnya ada 5 yaitu ha, ya, tho, Ha, ra.


3. Waqaf Qof lam, Artinya Alwaqfu aula, artinya lebih baik waqaf daripada washal.


4. Mad Badal

Yaitu pengganti dari huruf yang semula hamzah sukun yang dihadapannya, dibaca panjang 2 harakat.


5. Mad thabi’i 

Yaitu alif mati sebelumnya ada baris fatah, alifnya dibuang, tanda vertical di atas menandakan ada alif yang dibuang.


6. Alif Lam Komariah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf kaf (Huruf komariah / Bulan), kenapa disebut alif lam komariah? Karena dibacanya alif lam itu jelas suara L, seperti kita melihat bulan bentuknya jelas.


7. Mad thabi’i 

Yaitu alif mati sebelumnya ada baris fatah, alifnya dibuang, tanda vertical di atas menandakan ada alif yang dibuang.


8. Alif Lam Komariah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ha kecil (Huruf komariah / Bulan), kenapa disebut alif lam komariah? Karena dibacanya alif lam itu jelas suara L, seperti kita melihat bulan bentuknya jelas.


9. Mad aridlisukun

Yaitu mad thabi’i berhadapan dengan huruf yang hidup (yang ada harakatnya) ketima di waqafkan, panjangnya dibaca 2 sampai 6 harakat.

Nah itulah di atas pembahasan tentang hukum tajwid surat yunus ayat 1, semoga pembahasan ini bermanfaat buat kalian ya, jangan lupa untuk belajar hukum tajwid dari surat yang lainnya di blog ini, jika kalian giat belajar insya allah materi hukum tajwid akan dengan cepat kalian kuasai, jadi kalian bisa membaca ayat al quran dengan fasih, untuk pembahasan kali ini kami cukupkan sampai disini, jika ada hal yang mau ditanyakan silahkan kirimkan pesan melalui kontak yang telah disediakan pada menu kontak, akhir kata kami ucapakan wasalam.



Terimakasih kepada teman-teman yang sudah berkunjung ke blog ini, kami doakan semoga teman-teman semuanya selalu dalam keadaan sehat dan dimurahkan rezeki, kami selaku pengurus blog kajian muslim berharap bahwa konten artikel yang ada di blog ini mudah-mudahan bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya, amiin yarobbal alamiin.


Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 1 Pembahasan Lengkap Per Kata