Hukum Tajwid Surat As Saffat Ayat 2 Lengkap Dengan Rincian Nya

 Assalamualaikum wr wb, selamat datang di blog kajian muslim, blog pembahasannya umat islam, pada pembahasan kali ini kami akan membagikan artikel tentang hukum tajwid surat as saffat ayat 2, pembahsan kali ini adalah pembahasan lanjutan dari pembahsan sebelumnya yang menerangkan hukum tajwid surat as saffat ayat 1, materi pembelajaran hukum tajwid sebagai materi lanjutan dari pembahasan hukum tajwid yang sebelumnya, berikut pembahasannya dibawah.

Surat As saffat adalah surat ke 37 dalam al quran yang memiliki 182 ayat, surat ini termasuk kedalam surat makkiyah, arti dari as saffat sendiri adalah berbari, untuk isi dari pembahsan surat as saffat ayat 2 ini adalah tentang rombongan para malaikat yang mencegah, nah untuk pembahasan hukum tajwidnya berikut dibawah ini telah kami jabarkan per hukum tajwid lengkap dengan rinciannya.

Tajwid Surat As Saffat Ayat 2
Tajwid Surat As Saffat Ayat 2


SURAT AS SHAFFAT AYAT 2

1. Alif lam syamsiyyah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf zai (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf zai (huruf syamsiyyah).


2. Mad thabi'i (mad asli)

Yaitu huruf zai bertemu dengan alif kemudian alifnya dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.


3. Mad thabi'i (mad asli)

Yaitu ra bertemu dengan alif kemudian alifnya dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.


4. Qalqalah sugra

Yaitu huruf jim barisnya mati (sukun).


5. Mad iwadh

Yaitu kalimat yang berbaris tanwin fatah diwaqafkan, cara membacanya suara tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat kecuali kalimat yang huruf akhirnya ta marbuthoh, karena ta marbuthoh jika diwaqafkan huruf ta berubah menjadi ha mati.

Nah teman-teman itulah pembahsan hukum tajwid surat as saffat ayat 2, pembahasanya memang sedikit karena ayatnya juga pendek, namun mudah-mudahan dengan adanya materi pembelajaran hukum tajwid diharapkan teman-teman yang baru belajar dapat dengan mudah mempelajarinya ketika belajar dengan pak ustad di daerah masing-masing, untuk materi disini hanya sebagai gambaran saja, syukur-syukur jika memang kalian mengerti dengan materi hukum tajwid yang ada disini.

Untuk pembahasan kali ini saya cukupkan sampai disini, semoga dapat bermanfaat buat kalian, kami doakan kalian dapat dengan cepat menguasai hukum tajwid, agar bisa membaca al quran dengan fasih, akhir kata kami ucapkan selamat belajar dan wasalamualaikum wr wb.



Terimakasih kepada teman-teman yang sudah berkunjung ke blog ini, kami doakan semoga teman-teman semuanya selalu dalam keadaan sehat dan dimurahkan rezeki, kami selaku pengurus blog kajian muslim berharap bahwa konten artikel yang ada di blog ini mudah-mudahan bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya, amiin yarobbal alamiin.


Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat As Saffat Ayat 2 Lengkap Dengan Rincian Nya