Hukum Tajwid Surat As Saffat Ayat 1 Lengkap Terperinci

 Assalamualaikum wr wb, selamat datang di blog kajian muslim, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan pembahasan sepurat hukum tajwid, tepatnya hukum tajwid yang ada pada surat as saffat ayat 1, artikel ini akan sangat bermanfaat sekali buat kalian yang sedang memperdalam ilmu hukum tajwid, dengan adanya artikel ini pula mudah-mudahan pembahasan ini dapat dijadikan sumber pembelajaran dan reverensi bagi teman-teman yang lainnya dalam mempermudah proses pembelajaran, tapi sebelum masuk ke pembahasan hukum tajwid berikut kutipan singkat tentang surat as saffat.

Surat as saffat adalah surat ke 37 dalam al quran yang tergolong kepada golongan surat makkiyyah, surat ini memiliki 182 ayat, nama surat as saffat di ambil dari permulaan ayat surat as saffat ini, arti dari as saffat itu sendiri adalah yang bersaf-saf (Berbaris), arti dari surat ini menceritakan para malaikat yang berbaris ber saf-saf, itulah penjelasan singkat tentang surat as saffat, nah berikut ini adalah hukum tajwid surat as saffat ayat 1 lengkap.


SURAT AS SHAFFAT AYAT 1

Hukum Tajwid Surat As Saffat Ayat 1
Hukum Tajwid Surat As Saffat Ayat 1


1. Alif lam syamsiyyah

Yaitu alif lam bertemu dengan huruf shod (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf shod (huruf syamsiyyah).

 

2. Mad lazim musaqol kalimi

Yaitu mad thabi'i bertemu dengan huruf yang bertadid, cara membacanya berat karena ada huruf yang tasdid, panjangnya 6 harakat.


3. Mad thabi'i (mad asli)

Yaitu huruf fa bertemu dengan alif kemudian alifnya dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.


4. Mad iwadh

Yaitu kalimat yang berbaris tanwin fatah diwaqafkan, cara membacanya suara tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat kecuali kalimat yang huruf akhirnya ta marbuthoh, karena ta marbuthoh jika diwaqafkan huruf ta berubah menjadi ha mati.

Nah teman-teman- itulah hukum tajwid dari surat as saffat yang dapat kami bagikan kepada kalian, semoga pembahasan hukum tajwid ini bermanfaat buat kalian ya, dan untuk yang masih belajar kami doakan agar kalian bisa dengan cepat memahami materi hukum tajwid, untuk artikel kali ini kami cukupkan sampai disini, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat As Saffat Ayat 1 Lengkap Terperinci