Pengenalan Ilmu Tasawuf Dan Rukun Tasawuf

Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini kami akan memperkenalkan sedikit tentang ilmu tasawuf dan rukun tasawuf, ilmu tasawuf adalah ilmu yang tidak semua orang dapat menjalankannya dikarenakan tingkat ke imanan keagamaannya sangat tinggi, biasanya yang menjalankannya adalah mbah yai guru-guru pesantren, walaupun disini pengenalan ilmu tasawuf yang kami tuliskan sangat sedikit, insya allah dapat bermanfaat buat teman-teman yang penasaran tentang tasawuf ini.

Pengenalan Ilmu Tasawuf Dan Rukun Tasawuf
Pengenalan tasawuf dan rukunnya

ILMU TASAWUF
Dalam agama islam ada 3 ilmu yang sangat penting yaitu

  1. Ilmu tauhid
  2. Ilmu fiqh
  3. Ilmu tasawuf

Ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas tentang akidah. Yaitu akidah ketuhanan akidah kerasulan, hari kiamat dan lain-lain.
Ilmu fiqh adalah ilmu yang membahas tentng ibadah dzohir seperti sholat, zakar, puasa, haji dan lain-lain.
Ilmu tasawuf adalah ilmu yang membahas tentang akhlak dan budi pekerti yang berkaitan dengan hati yaitu cara-cara ke khusukan, keikhlasan, ke tawadhuan, kesabaran, keridhoan, ketawakallan dan lain-lain.

Disini yang akan diterangkan yaitu ilmu tasawuf, ketahuilah semua hukum allah yang disampaikan oleh para rasul kepada umatnya yaitu yang dinamakan agama dan syara dan syariat, begitu juga mengetahuinya hukum itu dinamakan syariat, dan mengamalkan atau menjalankan hukum itu dinamakan tariqat, dan terbukanya hati akan rahasia syariat dengan berkah mengamlkan syariat itu dinamakan hakikat, dan tariqat itu terbagi 2 bagian:

  1. Tariqat awam dan hukum jawaz, Yaitu yang dijalankan oleh ulama ahli fiqh
  2. Tariqat khoas dan hukum afdol, Yaitu yang dijalankan oleh ahli tasawuf

Hakikatnya tasawuf yaitu tajridul kholbi lillahi mahtiqoru maasiwahu yang artinya memfokuskan hati semata-mata menghadap kepada allah, yaitu tidak ada yang dimaksud dalam semua kelakuan selain menjalankan perintah allah ta’ala dan ingin memperoleh keridhoannya dan tidak suka terhadap semua perkara yang tidak membawa keridhoan allah ta’ala.

RUKUN TASAWUF
Rukun tasawuf yang paling besar yaitu 5 perkara:

  1. Taqwa kepada allah yaitu menjalankan perintah allah ta’ala dan menjauhi larangannya dzohir dan batin.
  2. Itchbaa ussunnah yaitu mengikuti rasulullah saw dalam semua hal yang dilakukannya.
  3. Irood anil khalqi yaitu berpaling dari semua makhluk sama saja ketika berhadap makhluk kepadanya atau berpaling darinya.
  4. Ridho anil lah yaitu suka hari terhadap rizki yang di kasih allah ta’ala banyak atau sedikit dan suka terhadap yang ditakdirkan oleh allah ta’ala, senang atau tidak senang, baik atau buruk.
  5. Ruju’un ilallah artinya kembali kepada allah ta’ala, yaitu tidak lupa kepada allah ta’ala dan tidak lupa mencari keridhoannya sama saja ketika dapat kesenangan atau sedang mendapatkan kesusahan.

Nah teman-teman itulah sedikit pengenalan tentang ilmu tasawuf, pembahasan kali ini masih belum selesai, kami menjelaskan ilmu tasawuf sesuai kitab yang ada dan menjelaskannya sesuai dengan pasal-pasal yang ada, jadi ada banyak sekali pasal yang akan kami pecah dalam pembahasan ilmu tasawuf ini, kami akan membagikan pembahasannya jika pasal-pasalnya telah kami pelajari, (insya allah), dan untuk artikel kali ini kami cukupkan sampai disini, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Pengenalan Ilmu Tasawuf Dan Rukun Tasawuf