Hukum Tajwid Surat As-Sajdah Ayat 6 Beserta Alasannya

Assalamualaikum wr wb, kami ucapkan salam kepada teman-teman pengunjung blog ini, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan pembahasan hukum tajwid pada surat as sajdah ayat 6, pada pembahasan sebelumnya kami juga sudah membagikan pembahasan hukum tajwid dari surat as sajdah ini yaitu pada ayat 4, nah dengan adanya pembahasan tambahan daari surat as sajdah mudah-mudahan teman-teman dapat lebih belajar hukum tajwid dari surat as sajdah ini, berikut pembahasannya dibawah ini.

SURAT AS SAJDAH AYAT 6
Hukum Tajwid Surat As-Sajdah Ayat 6
Hukum tajwid surat as sajdah ayat 6
ARTINYA:YANG DEMIKIAN ITU, IALAH TUHAN YANG MENGETAHUI YANG GAIB DAN YANG NYATA, YANG MAHA PERKASA, MAHA PENYAYANG.

HUKUM TAJWIDNYA
1. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf dzal bertemu dengan alif kemudian alifnya dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

2. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ain bertemu dengan alif kemudian alifnya dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

3. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ghin (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

4. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf syin (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf syin (huruf syamsiyyah).

5. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

6. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ain (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

7. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

8. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ra (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf ra (huruf syamsiyyah).

9. Tafhim
Yaitu huruf ra barisnya fatah, cara membacanya huruf ro dibaca tebal.

10. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah teman-teman itulah pembahasan kita kali ini mengenai surat as sajdah ayat 6, semoga pembahasan hukum tajwid yang ada di blog ini bermanfaat buat teman-teman semuanya sebagai materi belajar hukum tajwid, tak lupa kami beritahukan juga jika teman-teman mengalami kesulitan dalam mempelajari hukum tajwid silahkan tanyakan kepada kami mengenai hal yang menurut teman-teman sulit melalui kontak email yang telah kami sediakan, jangan lupa pelajari juga hukum tajwid secara menyeluruh yang sudah kami tuliskan di blog ini ya, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat As-Sajdah Ayat 6 Beserta Alasannya