Hukum Tajwid Surat Maryam Ayat 30 Materi Tajwid Lengkap

Assalamualaikum wr wb, hai teman-teman selamat datang di blog kajian muslim, blog pembahasan dan pembelajaran umat islam, pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi hukum tajwid surat maryam ayat 30 lengkap dengan alasannya, bagi teman-teman yang baru bergabung belajar kami sarankan untuk mempelajarinya secara bertahap dan perlahan, agar materi yang ada di blog ini dapat terserap dengan baik.

Surat maryam adalah surat ke 19 dalam alquran yang terdapat pada juz ke 16, pada surat maryam ayat 30 ini ada 12 hukum tajwid yang harus difahami, nah berikut ini adalah hukum tajwid surat maryam ayat 30 lengkap dengan penjelasannya.

SURAT MARYAM AYAT 30
Hukum Tajwid Surat Maryam Ayat 30 Materi Tajwid Lengkap
Hukum tajwid surat maryam ayat 30
ARTINYA:DIA (ISA) BERKATA, "SESUNGGUHNYA AKU HAMBA ALLAH, DIA MEMBERIKU KITAB (INJIL) DAN DIA MENJADIKAN AKU SEORANG NABI,

HUKUM TAJWIDNYA:
1. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

2. Idgham ma'al ghunah / idgham wajib ghunah / ghunah musadad
Yaitu nun bertasydid cara bacanya ditahan serta dengung.

3. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

4. Qalqalah sugra
Yaitu huruf ba barisnya mati (sukun).

5. Tafhim
Lafadz allah dibaca tafhim yaitu sebelum lam nya lafadz allah (lam jalalah) ada huruf yang berbaris dhammah, cara membacanya lafadz allah dibaca tebal panjangnya 2 harakat.

6. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

7. Mad badal
Hamzah berbaris vertikal, Yaitu pengganti dari huruf yang semula bertemu dengan hamzah mati di hadapannya, baris vertikal itu pengganti dari huruf yang semula, panjangnya dibaca 2 harakat.

8. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf ta bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

9. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf kaf (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

10. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ta bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

11. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

12. Mad iwadh
Yaitu kalimat yang berbaris tanwin fatah diwaqafkan, cara membacanya suara tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat kecuali kalimat yang huruf akhirnya ta marbuthoh, karena ta marbuthoh jika diwaqafkan huruf ta berubah menjadi ha mati.

Nah teman-teman itulah hukum tajwid pada surat maryam yang dapat kami sampaikan pada malam ini, semoga apa yang kami tuliskan disini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi teman-teman semuanya, dan kami doakan agar teman-teman yang belum menguasai hukum tajwid dapat dengan cepat memahami setiap hukum tajwid yang ada dalam ayat-ayat al quran, untuk artikel kali ini kami cukupkan sampai disini akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Maryam Ayat 30 Materi Tajwid Lengkap