Hukum Tajwid Surat An-Nahl Ayat 1 Dalam Al-Quran Lengkap

Assalamu alaikum wr wb, hai sahabat semua selamat datang di blog kajian muslim, pusat pembelajaran agama islam, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hukum tajwid pada surat an-nahl ayat 1 lengkap beserta penjelasannya, dengan adanya pembahasan hukum tajwid di blog ini mudah-mudahan teman-teman dapat dengan mudah untuk belajar dan memperdalam pemahaman hukum tajwid masing-masing.

Belajar hukum tajwid itu sangatlah penting lo, karena hukumnya sediri adalah fardu ain, maka dari itu yang belum memahami hukum tajwid disarankan untuk belajar dari awal, kami doakan mudah-mudahan teman-teman semua dapat belajar dengan cepat di blog kajian muslim ini.

SURAT AN-NAHL AYAT 1
Hukum Tajwid Surat An-Nahl Ayat 1 Dalam Al-Quran Lengkap
Hukum tajwid surat an nahl ayat 1

ARTINYA:
KETETAPAN ALLAH PASTI DATANG, MAKA JANGANLAH KAMU MEMINTA AGAR DIPERCEPAT (DATANG) NYA. MAHA SUCI ALLAH DAN MAHA TINGGI DIA DARI APA YANG MEREKA PERSEKUTUKAN.

HUKUM TAJWIDNYA
1. Mad zaid munfasil
Kenapa disebut mad zaid munfasil? Yaitu mad thabi'i dalam satu kalimat bertemu dengan hamzah yang ada dikalimat yang lain, dibaca panjangnya 2 sampai 5 harkat.

2. Dibaca idzhar (Idzhar didalam hukum mim mati)
Yaitu huruf mim mati bertemu dengan huruf ro, cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.

3. Tafhim
Lafadz allah dibaca tafhim yaitu sebelum lam nya lafadz allah (lam jalalah) ada huruf yang berbaris dhammah, cara membacanya lafadz allah dibaca tebal panjangnya 2 harakat.

4. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

5. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

6. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

7. Qalqalah sugra
Yaitu huruf ba barisnya mati (sukun).

8. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf ha bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

9. Mad silah khoshiroh
Yaitu sebelum ha dhamir ada huruf yang hidup (yang ada barisnya), kalau sebelum ha dhamir hurufnya mati maka itu tidak bisa disebut mad shilah khoshiroh, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

10. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf ain bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

11. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf lam bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

12. Idgham ma'al ghunah / idgham wajib ghunah / ghunah musadad
Yaitu mim bertasydid cara bacanya ditahan serta dengung.

13. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

14. Tarqiq
Yaitu huruf ra barisnya kasrah, cara membacanya huruf ra dibaca tipis.

15. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah teman-teman itulah hukum tajwid yang ada pada surat an-nahl ayat 1, semoga teman-teman semua dapat dengan mudah mempelajari huikum tajwid disini ya, oh ia silahkan ajak juga teman yang lain yang belum memahami hukum tajwid ini, agar mereka juga dapat belajar disini.

Jika teman-teman merasa materi belajar hukum tajwid pada halaman ini masih kurang, silahkan untuk mempelajari hukum tajwid dari ayat yang lainnya yang di tuliskan disini, nah untuk artikel ini kami cukupkan sampai disini akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat An-Nahl Ayat 1 Dalam Al-Quran Lengkap