Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 27 Beserta Penjelasannya

Assalamualaikum sahabat kajian muslim, pada kesempatan kali ini kami masih membahas tentang hukum tajwid, dalam pembahasan kali ini kita akan memaparkan hukum tajwid pada surat al-anfal ayat 27, seperti yang sudah kita ketahui bahwa surat al-anfal adalah surat ke 8 dalam al-quran yang letaknya terdapat pada juz ke 9, nah dengan adanya pembahasan hukum tajwid disini mudah-mudahan sahabat semuanya dapat mempelajarinya.

Ada banyak sekali hukum tajwid yang harus kita pahami dalam membaca al-quran, dan dalam hukum tajwid itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, mungkin untuk teman-teman yang baru belajar pada awal-awal akan mendapatkan sedikit kesulitan, namun seiring berjalannya waktu teman-teman pasti akan bisa untuk menguasai ilmu dari hukum tajwid ini sehingga dapat di terapkan pada saat membaca al-quran, nah berikut ini adalah hukum tajwid surat al-anfal ayat 27 lengkap.

SURAT AL-ANFAL AYAT 27
Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 27 Beserta Penjelasannya
Hukum tajwid surat al-anfal ayat 27

ARTINYA:
WAHAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN! JANGANLAH KAMU MENGKHIANATI ALLAH DAN RASUL DAN (JUGA) JANGANLAH KAMU MENGKHIANATI AMANAT YANG DIPERCAYAKAN KEPADAMU, SEDANG KAMU MENGETAHUI.
TAJWIDNYA:
1. Mad zaid munfasil
Yaitu mad thabi'i berada dalam satu kalimah menghadapi hamzah yang ada di kalimat lain, panjangnya 2 harkat sampai 5 harakat.

2. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf lam (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf lam (huruf syamsiyyah).

3. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

4. Mad badal
Hamzah berbaris vertikal, Yaitu pengganti dari huruf yang semula bertemu dengan hamzah mati di hadapannya, baris vertikal itu pengganti dari huruf yang semula, panjangnya dibaca 2 harakat.

5. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

6. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

7. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

8. Tafhim
Lafadz allah dibaca tafhim yaitu sebelum lam nya lafadz allah (lam jalalah) ada huruf yang berbaris dhammah, cara membacanya lafadz allah dibaca tebal panjangnya 2 harakat.

9. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ro (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf ro (huruf syamsiyyah).

10. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

11. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

12. Mad zaid munfasil
Kenapa disebut mad zaid munfasil? Yaitu mad thabi'i dalam satu kalimat bertemu dengan hamzah yang ada dikalimat yang lain, dibaca panjangnya 2 sampai 5 harkat.

13. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf mim bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

14. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf nun bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

15. Idzhar safawy
Yaitu mim mati bertemu dengan huruf wau (huruf idzhar safawy yaitu huruf wau atau fa), cara membacanya mim mati dibaca jelas serta bibir harus rapat.

16. Ikhfa aqrob
Yaitu nun mati bertemu dengan huruf ta, cara membacanya suara nun mati dibaca antara idzhar dan idgham.

17. Dibaca idzhar (Idzhar didalam hukum mim mati)
Yaitu huruf mim mati bertemu dengan huruf ta, cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.

18. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah itulah hukum tajwid yang terdapat pada surat al-anfal ayat 27 lengkap dengan penjelasannya, mudah-mudahan dengan metode pembelajaran seperti ini sahabat semua yang sedang belajar hukum tajwid dapat dengan mudah memahami materi hukum tajwid yang sudah kami paparkan disini.

Untuk teman-teman jangan lupa baca juga artikel yang lainnya ya agar wawasan kita senantiasa terus bertambah, jangan lupa share juga artikel ini kepada teman-teman yang sedang belajar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 27 Beserta Penjelasannya