Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 115 Dalam Al-Quran Lengkap

Assalamu alaikum teman-teman kajian muslim, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hukum tajwid surat al-an'am ayat 115 dalam Al-quran lengkap dengan penjelasannya dari setiap hukum tajwid, nah dengan metode pembahasan hukum tajwid yang seperti ini mudah-mudahan kawan-kawan yang belajar dapat mempelajari hukum-hukum tajwid ini dengan cepat.

Dengan metode pembahasan hukum tajwid yang terus diulanginsya allah teman-teman akan cepat memahaminya, adapun jika in gin mempelajari hukum tajwid secara keseluruhan teman-teman bisa mengunjungi laman berikut ini: Belajar hukum tajwid, nah berikut ini adalah hukum tajwid pada surat al-an'am ayat 115, semoga bermanfaat.

Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 115
Hukum tajwid surat al-an'am ayat 115

ARTINYA:
DAN TELAH SEMPURNA FIRMAN TUHANMU (AL-qURAN) DENGAN BENAR DAN ADIL. TIDAK ADA YANG DAPAT MENGUBAH FIRMANNYA. DIA MAHA MENDENGAR, MAHA MENGETAHUI.
HUKUM TAJWIDNYA
1. Ta mabsuthah
Yaitu ta barisnya mati, berubah suaranya menjadi suara “ech”.

2. Tafhim
Yaitu huruf ra barisnya fatah, cara membacanya huruf ro dibaca tebal.

3. Qalqalah sugra
Yaitu huruf dal barisnya mati (sukun).

4. Idgham bighunah
Yaitu tanwin bertemu dengan huruf wau (huruf idgham), cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf wau, cara membacanya di tahan serta dengung.

5. Qalqalah sugra
Yaitu huruf dal barisnya mati (sukun).

6. Mad iwadh
Yaitu kalimat yang berbaris tanwin fatah diwaqafkan, cara membacanya suara tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat kecuali kalimat yang huruf akhirnya ta marbuthoh, karena ta marbuthoh jika diwaqafkan huruf ta berubah menjadi ha mati.

7. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

8. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

9. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf mim bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

10. Tanda waqaf
Waqaf jaiz, artinya boleh waqaf boleh washal (boleh berhenti boleh lanjut).

11. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf sin (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf sin (huruf syamsiyyah).

12. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

13. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ain (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

14. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah itulah pembahasan hukum tajwid surat al-an'am ayat 115 lengkap beserta penjelasannya, untuk menambah wawasan kita semua silahkan baca artikel yang lainnya juga yang ada di blog ini, untuk artikel ini jangan lupa bagikan kepada teman-teman yang sedang belajar juga ya, dan pembahasan kali ini kami upkan sampai disini, akhir kata kami ucapkan wasalam.





Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 115 Dalam Al-Quran Lengkap