Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap Arab Dan Latinnya

Selamat datang kepada teman-teman pengunjung blog kajian muslim, semoga teman-teman yang berkunjung kesini diberikan kesehatan jasmani dan rohani, dan semoga jika ada saudara kita yang sakit juga cepat disembuhkan dari segala penyakitnya, dalam pembahasan artikel kali ini kita akan membahas tentang hukum tajwid yang ada pada surat al isra, tepatnya pada ayat ke 32, hukum tajwid ini dalam membaca al quran yangan peting lo, karena menurut hukum menerapkan tajwid pada saat membaca al quran hukumnya adalah fardu ain, artinya adalah hukum yang wajib dilakukan oleh seluruh umat islam, dan bagai mana jika hukum tajwid ini tidak di terapkan pada saat membaca al-quran? hukumnya tentu akan mendapatkan dosa bagi orang tersebut.

Nah untuk mempersingkat waktu langsung saja kita masuk kepada pembahasan utama artikel ini. yaitu hukum tajwid pada surat al isra ayat 32, semoga dengan adanya pembahasan ini, bagi teman-teman yang sedang belajar dapat mudah mengerti dengan apa yang diterangkan disini, ada banyak yang membuat artikel tentang hukum tajwid ini dan bukan hanya blog ini saja tentunya, hanya saja menurut apa yang sudah kami pelajari dari kitab-kitab hukum tajwid pembahasan hukum tajwid dari beberapa blog selain blog ini menurut kami kurang tepat.

Namun penerangan disini insya allah sudah selaras dengan kitab-kitab hukum tajwid yang ada, namun tidak menutup kemungkinan juga adanya kesalahan, tetapi dalam mengerjakan penerangan hukum tajwid ini kami tidaklah sendirian, ada yang mengawasi juga terutama guru kami, nah berikut ini pembahasan tentang hukum tajwid surat al isra ayat 32.

Hukum tajwid surat al isra ayat 32
Hukum tajwid surat al isra ayat 32
LATINNYA: WALAA TAQQROBUZZINAA INNAHUU KAA NAFAA HISYAH. WASAA ASABIILAA.
ARTINYA: Dan janganlah kamu mendekati zina, zina itu sungguh perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.

HUKUM TAJWID SURAT AL ISRA AYAT 32
1.Mad thabi'i
Yaitu alif mati sebelumnya ada baris fatah, dibaca panjang 2 harakat.

2. Qalqalah sughra
Yaitu huruf qof (huruf qalqalah) berbaris mati (sukun), cara bacanya dipantulkan.

3. Alif elam syamsiyyah
Yaitu alif elam bertemu dengan huruf zai (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf zai (syamsiyyah).

4. Mad zaid munfasil
Yaitu mad thabi'i dalam satu kalimat bertemu dengan hamzah yang ada di kalimat yang lain, cara bacanya panjang 2 sampai 5 harakat.

5. Idgham ma'al ghunah
Yaitu nun bertasdid, cara bacanya ditahan serta dengung.

6. Mad shilah qoshiroh
Yaitu sebelum ha dhomir ada huruf yang hidup (yang ada barisnya), dibaca panjangnya 2 harakat.

Kalau sebelum ha dhomir hurufnya mati maka itu bukan mad shilah qoshiroh, dibaca pendek.

7. Mad thabi'i
Yaitu alif mati sebelumnya ada baris fatah, dibaca panjang 2 harakat.

8. Mad thabi'i
Yaitu alif mati sebelumnya ada baris fatah, dibaca panjang 2 harakat.

9. Ta marbuthah
Yaitu kalau waqaf di akhir kalimat ada ta marbuthah maka ta tersebut berubah menjadi ha mati (sukun).

10. Tanda Waqaf
Alwaqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washol (lebih baik berhenti dari pada lanjut).

11. Mad wajib mutasil
Yaitu mad thabi'i berkumpul dengan huruf hamzah dalam satu kalimat, panjangnya 5 harakat.

12. Mad thabi'i
Yaitu ya mati (sukun) sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah.

13. Mad iwadh
Yaitu tanwin fatah diwaqafkan, cara bacanya tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat.

PENJELASAN:
1. Alif elam syamsiyyah
Mengapa disebut alif elam syamsiyyah? Karena alif elam syamsiyyah itu artinya matahari, karena alif elam dibacanya tidak jelas malah menghilang, yang terdengar hanya huruf syamsiahnya saja yang ada didepannya, itu tidak ada bedanya seperti kita melihat matahari, bentuk matahari terlihat tidak jelas, yang terlihat hanya cahayanya saja karena silau, Huruf-huruf dari alif elam syamsiyyah:
Alif elam syamsiyyah
Alif elam syamsiyyah

Nah teman-teman itulah pembahasan hukum tajwid dari surat al isra ayat 32, semoga teman-teman yang sedang belajar pelafalannya dapat mudah mengerti dan semoga cara membaca ayat al-quran teman-teman bertambah semakin baik dan lancar, dan jika teman-teman ingin mempelajari Hukum tajwid secara keseluruhan silahkan untuk kunjungi laman berikut: Hukum tajwid lengkap dilaman tersebut sudah kami bahas tentang hukum tajwid, nah teman-teman mungkin dalam artikel kali ini hanya itu yang dapat saya sampaikan, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Al-Isra Ayat 32 Lengkap Arab Dan Latinnya