Penjelasan Rukum Iman Ke 2 Dan Ke 3 Berhubungan Dengan Malaikat Dan Kitab Allah

Artikel ini akan menjelasakan tentang rukun iman yang ke dua dan yang ke tiga yang berhubungan dengan malaikat dan kitab allah tauhid ahlussunah, sebelum masuk ke pembahasan jika berkenan silahkan untuk membaca artikel yang lainnya juga ya, nah berikut ini penjelasan dari rukun iman dibawah.

Rukun iman yang ke 2 yaitu harus beriman kepada malaikat, yaitu kita harus meyakini bahwa makhluk yang dinamakan malaikat yang bisa menyerupai apa saja, dan tidak ada yang lebih tahu bentuknya malaikat kecuali allah itu wajib menekadkannya (meyakininya), tapi bilangan malaikat tidak terhitung semuanya diberi tugas oleh allah dan pekerjaannya selamanya taat kepada allah sebagai mana firman allah dalam al quran:

Firman allah dalam al quran
Firman allah dalam al quran

ARTINYA:
Para malaikat itu beberapa makhluk yang tidak permah bermaksiat kepada allah, dan tidak pernah membantah kepada apa yang diperintahkan dan mengerjakan semua sesuatu yang diperintahkan.

Jadi malaikat itu makhluk yang halus yang tukang taat yaitu melakukan yang diperintahkan oleh allah ta'ala, yaitu sebaliknya dari iblis yang selamanya tukang durhaka, akan tetapi walaupun malaikat itu disebut makhluk yang halus itu kadang-kadang bisa menyerupai manusia dengan izin allah, dan kita sebagai orang muslim kita diwajibkan mengetahui 10 malaikat yang menjadi pimpinanya yang mempunyai beberapa tugas yaitu:

1. Malaikat jibril yang bertugas menurunkan wahyu kepada para nabinya allah dan kepada rasulnya.

2. Malaikat mikail yang bertugas yaitu didalam urusan kebaikan manusia, seperti menurunkan air hujan dan mendatangkan angin dan yang mendatangkan kesuburan.

3. Malaikat isropil yang bertugas yaitu didslam urusan ke akhiratan seperti meniup sangkakala yang mendatangkan kiamah rusaknya semua alam dan meniul sangkakala untuk menghidupkan lagi manusia pada semua alam.

4. Malaikat ajroil yang bertugas mencabut nyawa semua makhluk yang bernyawa.

5. Malaikat munkar wanakir yaitu malaikat yang ditugaskan untuk memberikan pertanyaan kepada orang yang baru masuk kubur yaitu dimana manusia sehabis dikubur dan sudah ditinggalkan oleh yang menguburkannya, maka akan datang 2 malaikat yang akan menanyakan akan pegangan selama didunia, seperti siapa tuhanmu?, dan siapa nabimu? Dan siapa imam mu? Dan siapa temanmu? Dan apa agamamu?, nah orang didalam kuburan keadaanya krogi maka untuk jawabannya perlu di bimbing dulu yaitu yang disebut dengan talqin dan yang ke 7 dan ke 8 nya yaitu yang disebut roqib atiid yang tugasnya yaitu menuliskan semua pekerjaan orang sehari-harinya, yaitu dikiri kanan ada dua malaikat yang menuliskan pekerjaan yang baik dan pekerjaan yang buruk.

Maka untuk orang imanya sempurna yang meyakinkan akan adanya 2 malaikat di samping kita maka bakal senang berbuat kebaikan dan khawatir dari berbuat keburukan.

9. Malaikat malik yaitu yang tugasnya untuk menjaga neraka, dan sering disebut malaikat jabaniah.

10. Malaikat ridwan yang ditugaskan untuk menjaga disyurga, nah malaikat yang 10 ini wajib di ketahui satu persatu oleh setiap orang muslim.

Dan rukun iman yang ke 3 yaitu yang berhubungan dengan kitab-kitab allah yang diturunkan kepada para rasulnya kitab allah itu menurut ahlisunah waljamaah yaitu semuanya ada 104 kitab yaitu allah menurunkan kita-kitabnya kepada para rasulnya yang menjadikan tuntunan untuk umatnya, yaitu 60 kitab diturunkan kepad nabi syits, dan 30 kitab kepada nabi ibrohim dan 10 kitab diturunkan kepada nabi musa sebelum kitab taurat kemudian allah menurunkan kitab taurat kepada nabi musa, dan kitab zabur kepada nabi daud dan kitab injil kepada nabi isa alaihi salam, dan kitab al-quran kepada nabi muhammad shalalahu alaihi wasalam, yang ini semuanya menjadi mu'jizat

Nah itulah penjelasan dari rukun iman yang berkaitan dengan malaikat yang dapat disampaikan dalam penjelasan artikel kali ini, semoga menjadi bahan pelajaran, silahkan bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat, janganlupa subscribe juga ya blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Penjelasan Rukum Iman Ke 2 Dan Ke 3 Berhubungan Dengan Malaikat Dan Kitab Allah