Hadits Arbain Ke 35 Menjelaskan Tentang Ukhuwah Dan Syariat Islam

Sungguh tidak terasa dalam membahas artikel tentang hadits arbain ini ternyata kita sudah memasuki hadits arbain yang ke 35, pada hadits arbain ini rasulullah menjelaskan tentang ukhuwah dan syariat islam (Hukum-hukum yang sudah di tetapkan), perintah rasulullah yang telah beliau sampaikan kepada para sahabat dan sampainya di tulis dalam kitab ini tentunya tak lain agar kita yang di zaman sekarang dapat mengetahui tentang sabda dari rasulullah ini.

Dengan tahunya kita tentang sabda rasulullah, maka kita tidak akan keluar dari syariat islam dan hak-haknya, makanya dari itu sangat pentingnya bagi kita untuk belajar al Quran dan hadits, sejarah masa lalu yang tertulis dalam al quran dan hadits tentulah bukan sebuah kebohongan, semua itu dapat dibuktikan dengan penelitian yang sekarang ini sudah banyak terbukti.

Kitab Arbain An Nawawi
Kitab Arbain An Nawawi

Silahkan baca juga hadits arbain yang sebelumnya ya yaitu hadits arbain ke 34, isi pokok pembahasannya adalah melawan kemungkaran dengan tingkatan iman, nah berikut ini adalah hadits arbain ke 35 yang telah kami tulis dan paparkan untuk dipelajari bersama.

HADITS ARBAIN KE 35
Hadits Arbain Ke 35
Hadits Arbain Ke 35

ARTINYA:
Dari abu hurairah radhiallahu anhu dia berkata rasulullah shalalahu alaihi wasalam bersabda: Janganlah kalian saling dengki, saling menipu, saling marah dan jangan saling memutuskan hubungan dan jangan kalian menjual sesuatu yang telah dijual kepada orang lain dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara, seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya (Dia) tidak mendzoliminya, tidak mengabaikannya tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. taqwa itu disini (Nabi berisyarat dengan menunjuk dadanya sebanyak tiga kali), cukuplah seorang muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang muslim, setiap muslim atas muslim haram darahnya, hartanya dan kehormatannya. Riwayat imam muslim.

PELAJARAN:
Kita dilarang untuk saling dengki dengan sesama umat islam.

Dilarang saling menipu satu sama lain yang berakibat adanya salah satu dari kedua orang/atau banyak orang dirugikan.

Janganlah saling marah dengan saudara sesama muslim, dengan orang lain, karena itu akan membuat permusuhan yang berkepanjangan, dan itu tidak baik untuk kemaslahatan hidup bermasyarakat.

Janganlah saling memutuskan hubungan, perkuatlah tali persaudaraan dengan cara silaturahmi, menjalin ukhuwah islamiah, agar kita selalu rukun dengan saudara ataupun tetangga.

Janganlah kalian menjual sesuatu yang telah dijual kepada orang lain, intinya ketika barang sudah deal untuk dijual kepada orang lain walaupun belum dibayar, maka barang tersebut tidak diperbolehkan untuk ditawarkan lagi kepada orang lain.

Tidak boleh saling mendzolimi  dengan saudara muslim yang lain, ketika saudara muslim sedang membutuhkan pertolongan maka kita tidak boleh mengabaikannya, jangan pula mendustakannya apalagi sampai menghinanya.

Nah teman teman mungkin dalam artikel kali ini itulah yang dapat kami sampaikan kepada teman-teman semua, semoga apa yang kami bagikan menjadikan manfaat untuk para pembaca sekalian, silahkan bagikan artikel ini kepada teman, kerabat, keluarga, bagikan juga ke medsos dan yang lainnya, subscribe blog ini jika ingin mendapatkan notifikasi terbaru dari kami.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 35 Menjelaskan Tentang Ukhuwah Dan Syariat Islam