Hadits Arbain Ke 32 Tidak Boleh Melakukan Perbuatan Mudharat

Hadits arbain ke 32 ini membahas tentang sabda rasulullah shalalahu alaihi wasalam tentang tidak diperbolehkannya melakukan hal yang mudharat (Mencelakakan), jika kita melakukan hal yang mundharat dampak nya nanti akan sangat luas sekali tergantung dari hal perbuatan yang dilakukan, melakukan hal mudharat tentu tidak hanya diri sendiri saja yang akan kena dampaknya, bisa jadi dalam melakukan hal ini orang lain pun akan ikut terkena dampaknya.

Sebelum kita melakukan sesuatu berfikirlah 2 kali terlebih dahulu tentang dampak yang akan di terima dan manfaatnya, kita harus cerdas dalam berfikir tentang melakukan sebuah perbuatan, jangan sampai kita menyesal di kemudian setelah melakukan perbuatan tersebut.

Kitab Arbain An-Nawawi
Kitab Arbain An-Nawawi

Nah kepada sahabat kajian muslim jika berkenan silahkan untuk membaca hadits sebelumnya yang membahas tentang hadits arbain ke 31, isi pokok pembahasan dari hadits arbain ke 31 adalah penjelasan tentang juhud semoga bermanfaat ya, nah berikut ini adalah keterangan dari hadits arbain ke 32 berikut di bawah ini.

HADITS ARBAIN KE 32
Hadits Arbain Ke 32
Hadits Arbain Ke 32

LATINNYA:
AN ABII SA'IIDIS SA'DIBNI MAALIKIBNI SINAANIL KHUDRIYYI RODHIALLAAHU 'ANHU ANNA ROSUULALLAAHU SHALALAHU ALAIHI WASALAM QOOLA LADHOROROLADHIROORO. HADIITSU HASANUN, ROWAAHUBNU MAAJAH WADDAAROQUTHNIYYU WAGHOIRUHUMAA MUSNADDAWAROHU MAALIKUNGFIIL MUWATHTHOO IMURSALAN 'AN 'AMRII NIYAHYAA 'AN ABIIHI 'ANINNABIYYI SHALALAHU ALAIHI WASALAM FA ASQOTHO ANAA SA'IIDIW WALAHU THURUQUN YUQOWWII BA'DHUHAA BA'DHON.

ARTINYA:
Diriwayatkan dari abu said saad bin malik bin sinan alkhudri radhiallahu anhu sesungguhnya Rasulullah shalalahu alaihi wasalam beliau bersabda: tidak boleh melakukan perbuatan yang mencelakakan (Mudharat). Hadits hasan, riwayat ibnu majah dan daruqutni dan liannya dengan cara musnad juga riwayat imam malik dalam kitab muatha dengan cara mursal, dari amr bin yahya dari bapaknya dari nabi shalalahu alaihi wasalam. Dia tidak menyebutkan abu said, akan tetapi hadits ini memiliki jalan-jalan yang saling menguatkan.

PENJELASAN:
Perbuatan yang mudharat tentu sangat banyak sekali, entah itu hal yang mencelakakan di dunia maupun di akhirat nanti, entah itu perbuatan yang mencelakakan diri sendiri apalagi samapi merugikan orang lain, melalui hadits arbain ke 32 ini rasulullah telah bersabda untuk tidak melakukan perbuatan yang membawa mudharat.

Baca Juga : Dzikir Pendek

Contoh dari perbuatan mudharat salah satunya adalah mencuri, fikirkan tentang dapak yang akan di terima, jika itu terjadi di indonesia mungkin sudah digebukin, bahkan dalam satu kasus orang yang mencuri ini bisa sampai kehilangan nyawanya karena amuk masa yang sudah tidak terbendung, dampak yang diterima oleh diri sendiri sangat besar sekali, belum lagi dampak yang diterima orang lain yang menyebabkan kerugian, jika dalam hukum islam orang yang mencuri ini dipotong tangannya, sebesar apapun nilainya tetap akan di adili, namun di negara kita masih banyak orang yang belum mampu menahan emosinya dan menyerahkannya ke pihak yang berwajib.

Nah teman-teman dalam artikel kali ini mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman semuanya, jika menurut yeman-teman artikel ini bermanfaat silahkan untuk membagikannya kepada teman dekat, keluarga, saudara dan yang lainnya, bagikan juga via medsos ya, jika ingin mendapatkan info terbaru dari kami silahkan untuk mensubscribe blog ini, kolom subscribe ada di bagian bawah artikel ini.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 32 Tidak Boleh Melakukan Perbuatan Mudharat