Hadits Arbain Ke 31 Menjelaskan Tentang JUHUD (Tidak Mencintai Dunia)

Hadits arbain ke 31 menerangkan tentang hakikat juhud, juhud jika di artikan ke bahasa kita artinya adalah (Tidak mencintai dunia), dalam hadits ini rasulullah shalalahu alaihi wasalam memerintahkan kepada orang yang bertanya, jika dirinya ingin dicintai Allah dan manusia maka dia harus juhud, dari kebanyakan orang yang mencintai dunia ini, dan jika mereka sudah terlena akan harta, tahta, dan wanita yang ada di dunia ini, maka kebanyakan dari merka juga telah lupa kepada siapa yang telah memberikan rizki harta tersebut (Allah), maka dari itulah kenapa rasulullah memerintahkan kepada orang yang bertanya tersebut untuk juhud, karena di takutkan dia bisa lupa dengan apa yang telah allah berikan kepadanya.

Kitab Arbain An Nawawi
Kitab Arbain An Nawawi

Kepada teman-teman silahkan baca juga artikel sebelumnya ya, artikel sebelumnya membahas tentang hadits arbain ke 30, isi pembahasannya menerangkan tentang undang-undang allah, silahkan baca untuk menambah wawasan kita semua dalam mempelajari hadits-hadits yang shahih, untuk hadits arbain ke 31 beriikut hadits nya dibawah ini.

HADITS ARBAIN KE 31
Hadits Arbain Ke 31
Hadits Arbain Ke 31

LATINNYA:
AN ABII 'ABBAASI SAHLIBNI SA'DISSAA'IDIYYIRODHIYALLAAHU 'ANHU QOOLA JAA AROJULUN ILANNABIYYI SHALALAHU ALAIHI WASALAM FAQOOLA YAA ROSUULALLAAHI DULLANI 'ALAA 'AMALIN IDZAA 'AMILTUHUU AHABBANIYALLAAHU WA AHABBANIYANNAASU. FAQOOLAZ HADFIID DUNYAA YUHIBBUKALLAAHU WAZHADFIIMAA 'INGDANNAASI YUHIBBUKANNAASU HADIITSU HASANUN, ROWAAHUBNU MAAJAH WAGHOIRUHU BIASAANIIDA HASANAH.

ARTINYA:
Diriwayatan dari abul abbas sahl bin sa'd assaidi radhiallaahu anhu dia berkata seseorang mendatangi nabi shalalahu alaihi wasalam maka dia berkata: wahai rasulullah tunjukan kepadaku sebuah amalan jika aku kerjakan Allah dan manusia akan mencintaiku, beliau bersabda (Rasulullah): Juhudlah (Tidak mencintai dunia) terhadap dunia maka Allah akan mencintaimu, dan juhudlah terhadap apa yang ada pada manusia, maka manusia akan mencintaimu. hadits hasan riwayat ibnu majah dan lainnya, dengan sanad-sanad hasan.

PENJELASAN:
Juhud (Tidak mencintai dunia), maksud dari tidak mencintai dunia dalam keterangan hadits di atas bukan berarti mengharamkannya, tetapi itu semua agar kita lebih yakin kepada apa yang ada dalam kekuasaan Allah ta'ala ketimbang apa yang ada pada diri kita.

Juhud terhadap dunia ini adalah untuk menyadarkan kita bahwa tidak ada hal yang lebih penting dari pada akhirat, dalam hal ini bukan berarti kita meninggalkan keduniawian, ikhtiar terhadap dunia juga tetap harus dilakukan agar kita bisa berbenah diri untuk dapat menempati tempat yang layak di akhirat nanti, juhud terhadap dunia ini adalah salah satu sebab Allah mencintai hamba-hambanya.

Juhud terhadap manusia maka manusia akan mencintaimu, ini adalah salah satu sebab agar orang lain mencintai kita, karena seorang muslim tidak akan mendapatkan kebahagiaan didunia maupun di akhirat jika seorang muslim tersebut tidak mendapatkan kasih sayang allah dan kasih sayang terhadap sesama manusia.

Janganlah cintai dunia ini karena dunia ini hanya sementara, dunia ini hanya tempat kita singgah dan bernaung untuk mengumpulkan amal sholeh dan memperbanyak pahala dengan cara berbuat baik, waktu yang dimiliki manusia di dunia ini sangat singkat jika dibandingkan dengan waktu pada kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan di akhirat nanti tentu tidak akan ada apa apanya.

Nah teman-teman mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dengan membaca artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran yang dapat menuntun kita ke arah yang lebih baik lagi, silahkan share kepada teman, sahabat, dan keluarga jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, jika teman-teman ingin mendapatkan artikel terbaru dari kami silahkan untuk mensubscribe blog ini, kolom subscribe ada di bagian bawah artikel ini, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 31 Menjelaskan Tentang JUHUD (Tidak Mencintai Dunia)