Hadits Arbain Ke 29 Menjelaskan Tentang Menjaga Lisan Jalan Menuju Surga

Hadits arbain ke 29 membahas sabda rasulullah tentang amalan yang dapat memasukan seseorang ke surga, dalam hadits ini nabi shalalahu alaihi wasalam menjelaskan apa yang ditanyakan dengan sangat rinci, bahkan rasulullah memberitahukan hal lain tentang pintu-pintu kebaikan dan pokok dari segala perkara kemudian rasulullah memberitahulkan juga tentang sesuatu yang jika dilaksanakan maka dia akan memdapatkan semuanya, satu pertanyaan yang telah sahabat tanyakan kepada rasulullah dan rasulullah menjawabnya bahkan memberitahukan hal lain, dalam hal ini kita dapat menyimpulkan betapa pedulinya beliau kepada umatnya.

Kitab Arbain An Nawawi
Kitab Arbain An Nawawi

Kepada teman teman silahkan baca juga artikel sebelumnya ya yang membahas tentang hadits arbain ke 28, pokok pembahasan dari hadits arbain ke 28 adalah wasiat rasulullah kepada para sahabat, Nah untuk hadits ke 29 berikut haditsnya dibawah ini.

HADITS ARBAIN KE 29
Hadits Arbain Ke 29
Hadits Arbain Ke 29

ARTINYA:
Dari muad bin jabal radhiallahu anhu dia berkata: kata saya berkata wahai Rasulullah beritahukan saya tentang amal yang bisa memasukan saya ke syurga dan menjauhkan saya dari neraka, beliau bersabda (Rasulullah): engkau telah menanyakan sesuatu yang besar dan sesungguhnya perkara itu mudah bagi orang yang memudahkan Allah Ta'ala kepadanya yaitu engkau beribadah kepada Allah tidak menyekutukan Allah sedikitpun dan menegakan shalat, dan menunaikan zakat, dan puasa bulan ramadhan, dan pergi haji ke baitullah, lalu beliau bersabda: Maukah engkau aku beritahukan tentang pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah benteng dan sodakoh akan mematikan (Menghapus) kesalahan, sebagai mana air mematikan api dan shalat seseorang ditengah malam (Qiamul Lail) kemudial beliau membaca ayat: Yang artinya (Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya...) kemudian beliau bersabda: maukah engkau aku beritahukan pokok dari segla perkara tiangnya dan pucaknya? Saya berkata: Ia mau ya Rasulullah. Beliau bersabda: pokoknya perkara adalah islam, tiangnya adalah shalat dan puncaknya adalah jihad, kemudian beliau bersabda: Maukah engkau aku beritahuan sesuatu (Jika dilaksanakan) engkau akan mendapatkan semuanya? Saya berkata: Ia mau ya rasulullah, maka nabi memegang lisannya lalu besabda: jagalah ini (Dari ucapan kotor/Buruk), saya berkata: Wahai nabi Allah apakah akan dihukum juga atas apa yang dibicarakan? Maka beliau bersabda: Ah kamu ini, adakah yang menyebabkan orang-orang terjungkal wajahnya dineraka atau sabda beliau hidungnya terjungkal dineraka. Selain buah yang di ucapkan oleh lisan-lisan mereka. Yang meriwaatkan hadits di atas adalah imam tirmidzi dan dia berkata hadits ini hadits hasan shahih.

PENJELASAN:
Amalan yang bisa memasukan seseorang ke syurga yang dijelaskan dalam hadits ini tak lain adalah melaksanakan rukun islam yang 5, hadits arbain ke 29 ini masih berkaitan dengan hadits arbain ke 3 yang menjelaskan tentang rukun islam, nah untuk mengetahui rukun islam yang 5 silahkan baca hadits arbain ke 3 yang sudah kami publis di blog ini.

Pintu-pintu kebaikan, tidak hanya menjawab pertanyaan yang telah para sahabat tanyakan, tapi rasulullah juga memberikan ilmu/pelajaran yang lainnya juga, itu semua agar para sahabat mengetahui lebih banyak hal tentang amalan yang dapat memasukan nya ke syurga, kepedulian nabi saw kepada para sahabat sangatlah besar, dan kepeduliannya itu tidak akan pernah ternilai dengan apapun.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat

Setelah rasulullah memberitahukan tentang pintu-pintu kebaikan, rasulullah juga memberitahukan tentang pokok dari segala perkara tiang dan puncaknya kepada sahabat yang bertanya, namun dalam hal ini rasulullah juga memberitahukan hal yang jika dilaksanakan maka engkau akan mendapat semuanya, rasulullah disini bersabda bahwa jika kita ingin mendapatkan semuanya dari perkara yang sudah disebutkan di atas maka kita harus menjaga lisan kita dari ucapan yang buruk dan kotor.

Nah mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan dalam update artikel kali ini, silahkan bagikan pembahasan artikel hadits arbain ke 29 ini kepada teman, kerabat, dan keluarga, jangan lupa subscribe juga blog ini untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru dari kami.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 29 Menjelaskan Tentang Menjaga Lisan Jalan Menuju Surga