Hadits Arbain Ke 20 Pentingnya Memiliki Rasa Malu Kitab Arbain

Hadits arbain ke 20 menerangkan tentang pentingnya rasa malu pada diri manusia, untuk rasa malu ini tentu ada dua macam, yang pertama malu karena Allah, dan yang kedua malu karena orang-orang yang ada disekitar, petingnya malu karena Allah, karena Allah dapat melihat semua perbuatan apa yang kita lakukan maka sangat pentingnya rasa malu dalam perkara ini. malu karena sesama manusia, ini juga sangat penting agar ketika berkumpul dalam riuhnya persaudaraan, sahabat, dan lainnya yang bersangkutan dengan orang lain kita tidak melakukan hal yang tidak pantas.

Kitab Arbain
Kitab Arbain

Namun bisa saja dalam keadaan tertentu kita harus menyampingkan dulu rasa malu ini dan mendorong rasa percaya diri agar hal yang akan kita lakukan dapat terlaksana, misalnya dalam rangka menjadi moderator, berpidato, berbicara di hadapan orang banyak, dan yang lainnya yang membuat kita terasa malu, maka disini kita harus memaksakan diri untuk bisa melakukannya, tetapi bukan berarti rasa malu itu tidak ada, rasa malu itu tetap ada namun kita harus bisa mengatasinya.

Oh iya jangan lupa baca juga hadits arbain yang lainnya yang telah kami publishkan di blog ini, jumlah dari hadits arbain ini keseluruhannya terdapat 40 hadits shahih yang pembahasanya sangat penting sekali bagi kita, nah berikut ini adalah hadits arbain ke 20.

HADITS ARBAIN KE 20
Hadits Arbain Ke 20
Hadits Arbain Ke 20

LATINNYA:
AN ABII MAS'UDIN UQBATABNI AMRIW WAL ANGSHOORIY YILBAD RIYYI RODHIALLAHU ANHU QOOLA QOOLA ROSUULAL LAAHI SHALALAHU ALAIHI WASALAM, INNA MIMMAA AD ROKANNAA SUMINGKALA MINNUBUW WATIL UULAA IDZALAM TASTAHI FAASHONA' MAASYI TA ROWAAHULBUKHOORIY.

ARTINYA:
Diriwayatkan dari abu mas’ud ukbah bin amr wal anshori albadri radiallahuanhu, dia berkata rasulullah saw bersabda: sesungguhnya ungkapan yang telah dikenal orang-orang dari ucapan nabi-nabi terdahulu ialah: jika kamu tidak malu maka perbuatlah apa yang kau suka. Hadits Riwayat diatas diterangkan oleh imam bukhari.

PENJELASAN:
Malu adalah hal yang telah diturunkan sejak jaman dulu oleh nabi-nabi terdahulu sampai saat ini, dengan kita memilikinya rasa malu ini insya allah hidup kita akan menjadi lebih baik, dan kita juga harus bisa menjaga rasa malu ini agar tetap ada, dan kemudian kita dapat mewariskannya kepada generasi selanjutnya, karena dengan adanya rasa malu kita dapat mendidik akhlak kita supaya menjadi manusia yang ber akhlak baik.

Sesungguhnya rasa malu itu juga dapat membuat orang lebih banyak melakukan kebaikan daripada melakukan keburukan, karena dengan adanya rasa malu ini, ketika ada seseorang yang berjanji akan melakukan sesuatu dan dia pasti akan menepatinya karena jika dia tidak menepatinya tentu dia akan menanggung malu atas janjinya tersebut, maka rasa malu itu benar-benar sangat penting untuk akhlak manusia.

Malu akan hal berbuat baik, ini lain lagi ceritanya, jika kita malu untuk berbuat baik maka sesungguhnya rasa malu seperti ini harus dihilangkan, rasa malu yang seperti ini adalah termasuk kepada perbuatan yang tercela, maka dari itu kita harus bisa memposisikan rasa malu di waktu dan perbuatan yang tepat.

Malu adalah sebagian dari iman, seperti sabda Rasulullah Shalalahu Alaihi Wasalam dalam Hr Muslim
Hadits HR Muslim
Hadits HR Muslim

ARTINYA: Malu adalah sebagian dari iman.

Dalam keterangan hadits muslim di atas menyebutkan bahwa memiliki rasa malu itu adalah sebagian dari iman, maka dari itu kita permu memelihara rasa malu dalam diri kita ini, selain ini adalah warisan dari para nabi, ini juga bisa dipakai untuk melatih akhlak.

Dan dalam hadits lain yaitu dalam HR Abu daud Rasulullah shalalau alaihi wasalam bersabda
Hadits HR Abu Daud
Hadits HR Abu Daud
ARTINYA:
Sesungguhnya Allah itu maha pemalu dan maha menutupi Allah cinta kepada sifat malu dan tertutup dan jika salahsatu dari kalian mandi maka hendaklah menutup diri.

Dalam hadits abu daud ini menyampaikan pesan kepada kita jika kita hendak mandi janganlah mandi di keramaian, disungai yang banyak orang ataupun di tempat lainnya yang dapat terlihat oleh orang lain, jika memang tempat pemandiannya disungai carilah tempat yang tertutup untuk kita mandi, atau buat tempat dan tutupi tempat itu.

Mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini, silahkan bagikan artikel ini jika menurut teman-teman artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman, kerabat, keluarga melalui media sosial, pesan dan yang lainnya, subscribe juga blog ini agar dapat menerima pembaruan dari kami, kolom subscribe ada di bawah artikel ini.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 20 Pentingnya Memiliki Rasa Malu Kitab Arbain