Zakat Buah-buahan, Zakat Buah Kurma Dan Buah Anggur

ZAKAT BUAH ANGGUR DAN BUAH KURMA
Zakat Buah Kurma Dan Anggur
Zakat Buah Kurma Dan Anggur

Assalamualaikum, apakah ada dari teman-teman ada yang menjadi petani dari buah anggur dan buah kurma, jika ada maka keluarkanlah zakatnya, untuk buah buahan ini yang wajib dizakati hanyalah buah kurma dan buah anggur saja, sedangkan yang lainnya tidak, Keterangan zakat untuk buah kurma dan buah anggur ini ada pada riwayat tirmidzi, dan tirmizi menilainya sebagai hadits hasan, untuk haditnya berikut di bawah ini.

Hadits Zakat Buah Kurma Dan Anggur
Hadits Zakat Buah Kurma Dan Anggur

ARTINYA:
Rasulullah Saw telah menyuruh supaya menaksir buah anggur itu berapa banyak buahnya seperti menaksir buah kurma, dan beliau menyuruh juga supaya memungut zakat anggur sesudah kering, seperti mengambil zakat buah kurma juga sesudah kering.

Syarat bagi petani buah buahan, buah anggur dan buah kurma yang wajib di zakati
1. Islam
2. Merdeka
3. Milik sendiri, tidak ada pembagian dengan orang lain
4. Telah mencapai satu nishab

Nah itulah keterangan tentang zakat buah anggur dan buah kurma, untuk para penanam buah buahan selain anggur dan kurma tidaklah wajib untuk dizakati, mungkin zika petani buah yang lain merasa kelebihan panen alangkah baiknya untuk disedekahkan kepada para tetangga dan yang lainnya.

Untuk zakat buah anggur dan buah kurma sudah cukup sampai disini, jika merasa memiliki bahan pertanyaan untuk ditanyakan silahkan kirimkan kepada email yang sudah tertera di menu contact, akhir kata saya ucapkan wasalam.





Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Zakat Buah-buahan, Zakat Buah Kurma Dan Buah Anggur