Hikayah Orang Yang Laporan Kepada Sayyidina Umar Tentang Istrinya

Assalamu alaikum wr wb, ini adalah hikayah tentang seorang laki-laki yang ingin melaporkan kepada sayyidina umar bahwa istrinya laki-laki ini dirumah selalu marah-marah, niat nya seorang laki-laki ini meminta sayyidina umar untuk menasehati istrinya tersebut, namun apa yang terjadi setelahnya, baca kisahnya berikut di bawah ini.

Hikayah Orang Yang Laporan Kepada Sayyidina Umar Tentang Istrinya
Hikayah Orang Yang Laporan Kepada Sayyidina Umar Tentang Istrinya

Dikisahkan ada seorang laki-laki, yang mau bertemu dengan sayyidina Umar, maksudnya mau melaporkan sifat buruk akhlak istrinya, supaya di nasehati. Setelah itu Orang itu diam di dekat pintu rumahnya sayyidina Umar, menunggu sayyidina umar keluar. Tiba tiba, terdengar oleh laki-laki itu sayyidina umar sedang dimarahi oleh istrinya, sedangkan sayyidina umar diam saja. Kemudian laki-laki itu pergi sambil bercerita “Kalo keadaan amir muminin seperti ini, Apalagi aku orang biasa”. Kebetulan waktu itu sayyidina umar keluar dari rumahnya, oleh dirinya terlihat ada seorang laki-laki yang pergi, dan oleh sayyidina umar dipanggil, kemudian laki-laki itu menghampiri sayyidina umar, terus diperiksa: Apa keperluan kamu? Jawabnya: Maksud saya mau melaporkan keadaan istrisaya yang suka memarahi saya, namun kedengarannya oleh saya istri tuan juga sama suka marah-marah.

Setelah mendengar kejadian itu saya lekas pergi mau pulang, jika sayyidina umar juga sama seperti itu, apalagi dengan saya.

Kata sayyidina umar: Ia, tetapi saya bersabar saja, karena banyak sekali hak-hak yang dipikul olehnya, padahal itu adalah kewajiban saya, seperti memasak makanan, mencuci, menyusui anak saya, dan dia juga menjadi kententraman hati saya terhindar dari perkara yang haram (Jinah).

Kata laki-laki itu: Hei amirul mukminin! Begitu juga istriku (sama seperti itu). kata sayyidina Umar: Ia, kita harus bersabar saja, karena marah-marahnya itu sebentar (tidak lama).

KETERANGAN: Ini hikayah tidak boleh dipakai alasan oleh para istri, se enaknya suka marah-marah kepada suaminya, sebab takutnya amal baik sang istri tidak dapat nikmat ganjarannya di akherat, karena tarhapus oleh dosa menyusahkan dan menyakiti suaminya.

Nah itulah kisah dari seorang laki-laki yang melapor kepada sayyidina umar, bagi para pembaca silahkan ambil makna yang terkandung didalamnya, nantikan juga artikel yang lainnya, Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru di kajianmuslim.net akhir kata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hikayah Orang Yang Laporan Kepada Sayyidina Umar Tentang Istrinya