Hikayah Orang Tha'if Diajak Beriman Oleh Rasulullah Saw

Sesudah Rasulullah Saw ditinggal Wafat oleh abu tolib dan oleh siti Khodijah, kaum kafir Qurais tindakannya semakin kasar terhadap Rasulullah Saw, dirinya (Rasulullah) berangkat ke To’if menjalankan dakwah islam bersama Jaed bin Harisah. Pertama yang didatangi oleh rasulullah, yaitu tiga orang petinggi sakip diantaranya yaitu abdul yalel, mas’ud dan hubeb.

Thaif Saat ini
Thaif Saat ini

Yang pertama bercerita (Abdul yalel): Apakah Allah sudah mengutus kepadamu?

Yang kedua bercerita (Mas’ud): Apakah tidak adalagi orang yang di utus oleh Alla selain kamu?

Yang ketiga bercerita (Hubeb): Saya tidak akan berbicara denganmu, karena kalo benar kamu menjadi Rasul, tentu saya takut ada bahaya menimpaku. Kalo kamu berbohong kepada Allah, aku tidak akan bercerita denganmu. Tetapi sesudah saat itu ada yang masuk islam yaitu mas’ud dan hubeb.

Pada waktu itu orang to’if menghasut orang-orang bodoh dan abid-abidnya, supaya mereka memarahi kanjeng nabi dan melemparkan batu, sampai sandal nabi merah oleh darah, setelah itu Rasulullah Saw pulang sambil bersedih hati, pada saat itu tiba-tiba datang kepada nabi Saw sesosok malaikat yang menunggu gunung-gunung, dengan membaca salam, terus bercerita: Silahkan engkau perintahkan aku semaumu, apabila engkau mengharap bantuan dariku, Jabal abi gubes (Gunung) dan jabal Qiqian (Gunung) mau di timpahkan kepada mereka.

Rasulullah Saw bersabda: Aku tidak bermaksud merusak mereka; tetapi aku berharap semoga Allah Ta’ala mengeluarkan keturunan dari mereka, yaitu ketuunan yang menyembah kepada Allah saja (tidak musyrik).

Nah itulah kisah yang kami persembahkan untuk kalian pada hari ini, dalam isi kisah ini tentu ada banyak sekali makna dan hikayah yang dapat kita ambil, mungkin salah satunya sikap nabi yang kian sabar walaupun di cela sampai dilempari batu oleh orang To’if, perlu diketahui dakwah dari perjalanan nabi sangat sulit, banyak sekali orang-orang yang menentang beliau, namun beliau tetap bersabar untuk menyebarkan agama islam, Agama yang kita yakini saat ini, maka bersyukurlah kita sebagai umat Islam, Kisah ini saya tutup sampai disini akhir kata saya ucapkan wasalm.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hikayah Orang Tha'if Diajak Beriman Oleh Rasulullah Saw