Hikayah Atau Ceritanya Iblis Menemui Rasulullah Saw

Assalamualaikum kali ini kajianmuslim.net akan menuliskan kisah hikayah dari si iblis yang disuruh oleh Allah untuk menemui Nabi Muhammad Saw, nah untuk kisahnya berikut dibawah ini.

Kisah Iblis Menemui Nabi Muhammad Saw
Kisah Iblis Menemui Nabi Muhammad Saw

Kata wahab bin munabih: Allah ta’ala sudah memerintah kepada iblis harus mendatangi nabi Muhammad Saw, serta harus menjawab kepada pertanyaan nabi Muhammad. Lalu iblis pun datang kepada nabi Muhammad Saw, sambil menyerupai kakek –kakek yang mukanya pucat sekali. Sabda Rasulullah Saw: Siapa kamu ini? Jawabnya: Saya ini iblis. Sabda Rasulullah Saw: Mau apa kau kesini? Jawabnya: Saya diperintahkan oleh Allah supaya mendatangimu, serta Harus menjawab pertanyaan kamu. Rasulullah Saw bersabda: Berapa orang yang menjadi musuh kamu dari golongan umatku?

Iblis Berkata: Ada limabelas orang, yang pertama adalah kamu Ya Muhammad, kedua Pemimpin yang adil, Ketiga orang kaya yang rendah hati, ke empat pedagang yang jujur, kelima orang alim yang khusuk dalam shalatnya, ke enam orang mukmin yang suka menasehati, ketujuh orang mukmin yang suka mengasihani, kedelapan orang yang bertaubat, kesembilan orang yang selalu rapih, kesepuluh orang mukmin yang suka membiasakan bersih-bersih, kesebelas orang mukmin yang banyak mengeluarkan sodakohnya, keduabelas orang mukmin yang bagus akhlaknya, ketigabelas orang mukmin yang memanfaatkan dirinya untuk orang lain, ke empatbelas orang yang hafal Al-Quran serta selalu membacanya, kelimabelas orang yang suka shalat pada malam hari diwaktu orang lain tertidur nyenyak.

Sabda Rasulullah Saw: ada berapa orang sahabat kamu dari golongan umatku? Kata Iblis: Ada sepuluh orang yang 1. adalah hakim yang tidak adil, 2. Orang kaya yang takabur, 3. Pedagang yang hianat, 4. Orang yang suka minur alkohol, 5. Perempuan yang suka mengadu-ngadu, 6. Orang yang suka riya (Amal perbuatannya ingin dilihat oleh orang lain), 7. Orang yang suka memakan harta anak yatim, 8. Orang yang suka menyepelekan shalat, 9. Orang yang tidak mau mengeluarkan zakat, 10. Orang yang panjang harapan (Merasa dirinya akan berumur panjang).

Kata Iblis: Ini semuanya dala saudara saya dan sahabat saya. Nauzubillahimindzalik.

Nah dengan kisah di atas semoga kita tidak termasuk dari sahabat si iblis ini, maka dari itu hindari kesepuluh jawaban si iblis dari kisah di atas, laksanakanlah perintah-perintah yang telah diperintahkan agama, laksanakan perintahnya dan jauhi larangannya.

Mungkin untuk kisah ini saya akiri sampai disini, akhirkata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hikayah Atau Ceritanya Iblis Menemui Rasulullah Saw