Hadits Arbain Ke 8 Memerangi Manusia Yang Tidak Sholat Dan Zakat

Assalamualaikum wr wb - Kepada para pembaca pembahasan kita kali ini sudah memasuki hadits arbain yang ke 8, isi dari pembahasan hadits arbain ke 8 ini menjelaskan tentang memerangi manusia yang tidak melakukan shalat dan tidak mengeluarkan zakat meski rizki yang ia peroleh sudah melebihi dari nishab, oh ia jangan lupa baca juga hadits ke 7 yang membahas tentang Agama adalah nasihat.

Kitab Arbain Hadits Ke 8
Kitab Arbain Hadits Ke 8

Kenapa orang yang meninggalkan shalat dan orang yang tidak mengeluarkan zakat harus diperangi? mari kita bahas sedikit terlebih dahulu tentang meninggalkan shalat dan zakat ini, menurut jumuhur ulama meninggalkan shalat amatlah berbahaya karena sudah berani meninggalkan hal yang telah diwajibkan begitu pula dengan zakat.

Sebagian ulama ada yang beranggapan bahwa orang yang meninggalkan shalat bukanlah orang muslim bahkan para shahabat Rasulullah sekalipun beranggapan hal yang sama, maka dari itu kenapa dalam hadits ini memerintahkan untuk memerangi orang yang tidak shalat dan tidak melakukan zakat karena konsekuensinya sangatlah berat.

Nah berikut ini adalah hadits arbain yang kedelapan yang membahas tentang memerangi manusia yang tidak melakukan shalat dan zakat.
Kadits Arbain Ke 8
Kadits Arbain Ke 8

LATINNYA:
ANIBNI UMARO RIDHIALLAAHU'ANHUMAA ANNAROSUULALLAHI SHALALAHUALAIHI WASALAM, QOOLA UMIRTU AN UQOOTILANNAASA HATTA YASY HADUU ALLA ILAAAHA ILLALLAAHU WA ANNA MUHAMMADARROSULULLAAHI WAYUQIIMUUSH SHOLATA WAYUTUZZAKAATA FAIDZAAFA'ALUU SZAALIKA A'SHOLUU MINNI DIMAA AHUM WA AMWALAHUM ILLAA BIHAQQIL ISLAAMI WAHISAABUHUM 'ALALLAAHI TA'ALAA. ROWAHULBUKHARIYYU WAMUSLIM.
ARTINYA:
Diriwayatkan dari ibnu umar Radiallahu Anhuma, sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda: aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga bersaksi (Meyakinkan) orang-orang itu sesungguhnya tiada tuhan yang wajib disembah selain Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad itu utusan Allah, Dan yang mendirikan shalat, dan yang memberikan zakat, maka dimana orang-orang itu sudah melaksanakan semuanya, maka akan terjaga darah-darahnya mereka dan hartanya mereka dariku kecuali dengan hak islam, dan Allah ta’ala yang akan menghisab mereka. Yang meriwayatkan hadits diatas adalah imam Bukhari dan Imam Muslim.

PENJELASAN
Dalam hadits ini walaupun pembahasannya tentang memerangi orang yang tidak shalat dan zakat namun ada banyak sekali kata-kata yang menyangkut kepada hadits lainnya sehinnga hadits ini saling terkait satu sama lain, maka untuk memahaminya bagi orang awam tidak bisa hanya membahas satu hadits ini saja, kata yang terkait dengan hadits lain seperti contohnya:

Syahadat: (Meyakinkan), maksud dari meyakinkan ini adalah mengucapkan dua kalimah syahadat, meyakini bahwa tiada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.

Mengucapkan syahadat ini tidak bisa hanya dengan lisan yang terucap saja, dalam hal ini kita harus benar benar meyakini ucapan kita dari hati juga, tidak bisa hanya dengan ucapan saja, apalagi ucapan yang penuh dengan keraguan dan hati yang tidak yakin.

Mendirikan Shalat dan menunaikan zakat: dalam hadits ini menyatakan bahwa orang yang tidak shalat dan zakat harus diperangi hal ini tidak berlaku bagi rakyat jelata, maksud dari perkataan ini hanya ditunjukan kepada imam dan para pemimpin.

KESIMPULAN
Ke 3 Pembahasan di atas termasuk kepada rukun Islam, barang siapa yang mengerjakan ke 3 rukun islam yang dijelaskan di atas maka orang itu tidak keluar dari agama islam kecuali jika ada hukum-hukum islam yang dilanggar seperti memateni orang dan yang lainnya.

Nah itulah pembahasan tentang hadits arbain ke 8 yang menjelaskan tentang memerangi manusia yang tidak shalat dan zakat, silahkan bagikan kepada teman kerabat dan yang lainnya jika menurut kalian hadits ini bermanfaat, jangan lupa subcribe juga ya blog ini untuk mendapatkan updatean terbaru dari kami, akhir kata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 8 Memerangi Manusia Yang Tidak Sholat Dan Zakat