Hadits Arbain Ke 7 Menerangkan Tentang Agama Adalah Nasihat

Assalamulaikum penjelasan kali ini masih meliputi tentang hadits arbain, pada kesempatan kali ini kita sudah masuk kepada pembahasan hadits arbain yang ke 7 yang mana hadits ini menjelaskan tentang Agama adalah nasihat, pada dasarnya kita sebagai orang islam dan orang yang takluput dari perbuatan dosa dan sering kali salah arah tentu saja akan sangat membutuhkan nasihat, nasihat yang telah di abadikan oleh Allah melalui Al-Quran dan nasihat yang dikemukakan oleh Rasulullah saw itu adalah nasihat yang sangat penting sekali tentunya, nah bagai mana kita dapat mengetahui nasihat-nasihat tersebut, jawabannya belajarlah Al-Quran dan hadits.

Kitab Arbain Hadits Arbain Ke 7
Kitab Arbain Hadits Arbain Ke 7

Jalankan semua perintahnya dan jauhi segala larangannya, itu sudah sangat jelas sekali, banyak ayat-ayat dan hadits yang menjelaskan tentang itu dal bisa dijadikan sebagai nasihat tentunya, jika memang kita tidak bisa mengartikan bahasa arab dalam Al-Quran datanglah ke para Ustadz yang bisa mengartikannya dan belajarlah lebih banyak lagi, janganlupa baca juga Hadits arbain ke 6 ya, hadits arbain ke 6 menjelaskan tentang bid'ah, untuk hadits arbain yang ke 7 berikut di bawah ini.
Hadit Arbain Ke 7 Nasihat
Hadit Arbain Ke 7 Nasihat

LATINNYA:
An abii ruqoyyata tamiimibni awsid daariyyi rodhiyallahu anhu, annannabiyya SAW, Qoola: Laddiinunnashiihatu. Qulnaa liman? Qoola lillahi walikitaabihii warosuulihii wali a immatil muslimiina wa'aamatihim. Rowaahu Muslim.
ARTINYA:
Diriwayatkan dari abi ruqoyah, Tamim bin Aus adzari Radiallahu Anhu, Sesungguhnya Rasulullah Saw telah bersabda: Agama itu nasihat. Pada saat itu kami semua bertanya: Untuk siapa? Jawab Rasulullah: Bagi Allah dan kitab-kitabnya Allah dan Rasulnya Allah dan kepada imam-imam muslimin dan kepada orang awam umat islam pada umumnya. Yang meriwayatkan Hadits di atas yaitu imam Muslim.

Nasihat adalah hal yang sangat penting yang di ucapkan melalui ungkapan rasa kepedulian untuk mengajak seseorang yang sudah jauh melangkah kepada jalan yang salah, nasihat ini tentu bertujuan membawa kebaikan kepada orang yang yang dinasihati.

Menasihati orang lain bukan berarti kita jauh lebih baik daarinya, akan tetapi ini akan sangat berguna untuk saling mengingatkan bahwa dia sedang berada dalam arah yang salah, ini juga akan berguna untuk dirikita jika mungkin saja kita dimasa yang akan datang bisa terjerumus kejalan yang salah, tentunya dalam keadaan yang seperti itu kita akan membutuhkan sekali nasihat dari orang lain bukan, agar jalan yang kita tuju tidak berada pada jalan yang salah yang mungkin saja dapat merugikan orang lain.

Terlebih lagi tentang nasihat ini Rasulullah Saw telah menjadikan nasihat ini bagian dari agama, beliau adalah seorang rasul yang sangat berhati-hati dalam memberikan pengajaran ataupun nasihat-nasihat maka dari itu ketika beliau menyampaikan sesuatu, beliau selalu mengucapkan apa yang di sampaikan dari hal yang penting berlanjut kehal yang lebih penting, kemudian menyampaikan riciannya agar para shahabat dapat mengerti apa yang disampaikan dengan sangat jelas, dan apa yang sudah disampaikan oleh Rasulullah Saw telah ditulis dalam Hadits-Hadits termasuk hadits Arbain yang ke 7 ini.

KESIMPULAN
Kesimpulannya menasihati dan dinasihati itu adalah sebuah keterikantan dari manusia yang tidak bisa dilepaskan, karena itu kita sebagai manusia tidak bisa hidup seorang diri, maka dari itu salinglah menasihati satu sama lain, agar kehidupan kita bisa berada pada kehidupan yang lebih baik lagi sebagai seorang manusia dan sebagai seorang pembelajar dari Al-Quran, para nabi dan Rasul yang sudah Allah tunjuk dan turunkan kebumi sebagai penerang kehidupan, maka patutlah kita bersyukur atas semua itu.

Dari penjelasan tentang hadits Arbain ke 7 ini semoga teman-teman mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat dekat serta keluarga untuk saling mengingatkan dan membaca dari pentingnya sebuah nasihat, jangan lupa Subscribe juga blog ini untuk mendapatkan update terbaru yang kami tuliskan.

Mungkin hanya sampai disini yang dapat kami jelaskan tentang hadits Arbain ke 7 ini, nantikan update selanjutnya ya, Akhirkata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hadits Arbain Ke 7 Menerangkan Tentang Agama Adalah Nasihat