Hadits Arbain Ke 4 Proses Penciptaan Manusia Dan Takdir Allah

Assalamualaikum, masih dengan kami dalam pembahasan hadits Arbain, untuk pembahasan kali ini kita sudah masuk kepada hadits arbain yang ke empat, dimana isi kandungan dari hadits arbain ini adalah proses penciptaannya manusia dan takdir Allah yang sudah di tetapkan saat ruh ditiupkan oleh malaikat pada rahim seorang ibu pada saat berumur kurang lebih empat bulan, jangan lupa juga baca hadits arbain ke 3 ya, hadits arbain ke 3 membahas tentang rukun islam.

Kitab Arbain Hadits Ke 4
Kitab Arbain Hadits Ke 4

Hadits ini diriwayatkan dari Imam Bukhari Dan Imam Muslim, Tokoh-tokoh periwayat hadits yang sangat terkenal di dunia, Jika di anatara teman teman ada yang belum tahu bagai mana penciptaan atau proses diciptakannya manusia di rahim seorang ibu, maka sangat cocok sekali untuk membaca pembahasan dari hadits arbain ke 4 ini, untuk lebih jelasnya silahkan baca selengkapnya dibawah ini.
Hadits Arbain Ke 4
Hadits Arbain Ke 4
Hadits Arbain Ke 4

ARTINYA:
Diriwayatkan dari Abdurahman abdulah bin mas'ud Radiallahu Anhu, Abdullah bin mas'ud berkata: Rasulullah Saw bercerita kepada saya Rasul itu orang yang jujur dan orang yang terpercaya, sesunggunya setiap diantara kalian dikumpulkan penciptaannya dalam setetes air mani dalam perut ibunya selama 40 hari, kemudian air mani itu berubah menjadi darah kental selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal daging selama 40 hari, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya, dan diperintahkan malaikat dengan membawa 4 kalimat perkara yang telah ditetapkan: menetapkan rizkinya dan ajalnya dan amalnya dan celakanya atau bahagianya.

Demi Allah yang tidak ada lagi tuhan selain Allah, sesungguhnya salah satu dari kalian yakin berbuat dengan perbuatan ahli syurga, sehingga jarak diantara dirinya dan syurga itu berjarak satu sikut lagi, akan tetapi Allah telah menetapkan baginya ketentuan, Maka berbuat dia itu dengan perbuatan ahli neraka, maka masuklah dia kedalam neraka.

Dan sesungguhnya diantara kalian yakin ada yang berbuat dengan perbuatan ahli neraka, sehingga jarak  diantara dirinya dan neraka tinggal satu sikut, akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan yang telah dituliskan, maka berbuat dia dengan perbuatan ahli syurga, maka masuk dia kedalam syurga. Yang meriwayatkan hadits itu Imam bukhari dan imam Muslim.

Nah itulah Hadits arbain ke 4 yang menjelaskan tentang proses penciptaannya manusia dan takdir allah yang sudah ditetapkan, adapun beberapa pelajaran yang didapat dari hadits ini diantara lain adalah:

  1. Allah subhanahuwata'ala telah mengetahui takdir apa yang akan di alami oleh makhluknya, bahkan sebelum mereka diciptakan atau terlahir, termasuk dengan Kebahagiaan, kecelakaan, kejadian-kejadian dan lain-lain, Semuanya sudah tertulis dalam lauhul mahfuz, Lauhul mahfudz adalah tempat dimana segala rahasia yang ada dilangit dan di bumi tersimpan, termasuk dengan takdir manusia.
  2. Kita dapat mengetahui bagai mana proses penciptaannya manusia yang bermulai dari setetes air mani, kemudian menggumpal menjadi segumpal darah, dan kemudian berubah menjadi segumpal daging, kemudian disaat berumur kurang lebih empat bulan dalam kandungan, maka ditiupkanlah ruh kepada janin itu, dan berangsur angsur tumbuh menjadi bayi selama 9 bulan lamanya, kemudian dilahirkan ke dunia lewat rahim seorang ibu.
Mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan pada pembahasan hadits Arbain ke 4 ini, semoga menjadi sumber pengetahuan bagi teman-teman terhadap hadits ini, baca juga hadits arbain yang lainnya di bawah ya, hadits arbain ini terdapat 40 hadits shahih yang sudah dituliskan oleh Imam Nawawi.

Bagikan artikel ini kepada teman, kerabat, keluarga jika menurut kalian bermanfaat, jangan lupa subscribe juga blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru tentang apa yang dibahas, jika dalam pembahasan masih ada yang tidak dimengerti silahkan untuk ditanyakan kepada kami melalui contact yang sudah disediakan di menu contact, akhirkata saya ucapkan wasalam.





Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Hadits Arbain Ke 4 Proses Penciptaan Manusia Dan Takdir Allah