Hadits Arbain Ke 2 Pengertian Islam, Iman Dan Ihsan Kitab Arbain

Assalamualaikum salam saya ucapkan kepada pengunjung kajianmuslim.net - Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang mana di artikel sebelumnya saya membahas tentang hadits arbain ke 1 yang menerangkan tentang Inna amalu bin niyat, nah untuk artikel ini saya membahas tentang hadits arbain ke 2, dari hadits arbain ke 2 ini didalamnya menjelaskan tentang Islam Iman dan Ihsan.

Kitab Arbain An Nawawiyah
Kitab Arbain An Nawawiyah

Namun menurut saya ada yang seru dari penjelasan hadits ini, dimana Rasulullah saw sedang mengajarkan agama islam kepada para shahabat tiba-tiba muncul malaikat jibril dan bertanya kepada Rasulullah, maksud dari malaikat jibril ini adalah untuk memberi pelajaran kepada para shahabat secara tidak langsung melalui pertanyaan malaikat jibril yang ditanyakan kepada Rasulullah saw, Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak haditsnya dibawah ini.
Hadits Arbain Ke 2

Hadits Arbain Ke 2

Hadits Arbain Ke 2
Hadits Arbain Ke 2

Diriwayatkan dari sayyidina umar RA, Sayyidina Umar berkata: Dalam suatu waktu kami semua pada duduk dekat Rasulullah Saw, dalam suatu hari tiba-tiba datang kepada kami semua seorang laki-laki yang warna bajunya sangat putih, dan warna rambutnya sangat hitam, laki-lki itu tiba-tiba ada tidak diketahui datangnya dari arah mana, dan dari kami semua tidak ada yang mengenalnya, sehingga di duduk dekat Nabi Saw, terus laki-laki itu menyandarkan dua lututnya kepada dua lututnya Kanjeng Nabi Saw, dan lakilaki itu meletakan kedua telapak tangannya kepada kedua paha Rasulullah Saw, terus laki-laki itu berata: Hei muhammad! Coba terangkan tentang islam kepadaku? Jawab Rasulullah Saw: Islam itu yaitu meyakini sesungguhnya tidak ada tuhan yang wajib di sembah kecali Allah, Dan sesungguhnya Muhammad Itu utusan Allah, dan menjalankan sholat, dan memberikan zakat, dan puasa bulan ramadhan, dan Naik Haji ke baitullah kalau mampu dijalannya.
Laki-laki itu berkata: Benar kamu Muhammad.

Kami semua merasa kaget kepada laki-laki itu, dia yang bertanya kepada Rasulullah tetapi dia juga membenarkan.

Kemudian laki-laki itu bertanya lagi: Coba terangkan kepadaku tentang iman? Rasulullah Saw Menjawab: Iman itu yaitu harus beriman kepada Allah dan para malaikatnya Alah dan kitab-kitab nya Allah dan utusan-utusannya Allah dan kepada hari Akhir, dan harus beriman kamu kepada takdir Allah maupun itu bagus ataupun buruk.

Laki-laki itu berkata: Benar kamu Muhammad.

Kemudian laki-laki itu bertanya lagi: Coba terangkan tentang ihsan, Rasulullah Saw Menjawab: Ihsan yaitu ibadah kepada Allah ta’ala seperti kamu melihat Allah, Kalau kamu tidak bisa melihat Allah maka Allah melihat kepadamu.

Kemudian laki-laki itu bertanya lagi: Coba terangkan kepadaku tentang hari kiamah, Rasulullah menjawab: Yang bertanya itu lebih tahu tentang hari kiamah daripada yang ditanya.
Kalau begitu coba terangkan kepadaku tentang tanda-tandanya hari kiamah. Rasulullah Saw menjawab: tanda-tandanya hari kiamah itu yaitu sudah dilahirkan majikan dari pembantunya.

KETERANGAN: Tentang majikan dan pembantunya: Maksudnya adalah dimana suatu jaman sudah memperlihatkan kejadian dimana seorang ibu yang pekerjaan nya seperti pembantu kepada anaknya, anaknya ini suka menyuruh ibunya untuk ini dan itu, Seperti contohnya: mencucikan baju, menanak nasi dan sebagainya, Nah jaman yang dimaksudkan oleh perkataan Rasulullah Saw itu sudah terjadi dijaman sekarang ini tepatnya tahun 2019, kejadian ini sudah termasuk tanda-tanda hari kiamah, wallahualam.

Dan sudah melihat kamu kepada orang-orang yang tidak pakai sandal dan tidak memakai baju dalam keadaan pakir, dan suka menggembalakan kambing-kambing, tiba-tiba berlomba-lomba membangun gedung-gedung yang tinggi. Setelah itu Terus laki-laki itu pergi dan aku terdiam dengan waktu yang lama, terus laki-laki itu bersabda: hei umar! Kamu tahu tidak siapa yang bertanya tadi? Kata saya (Umar) Allah dan rasulnya yang lebih tahu. Rasulullah Saw berkata: Sesungguhnya laki-laki itu adalah malaikat jibril, Jibril Telah datang kepada kamu semua untuk membimbing kalian tentang agama kalian. (Yang meriwayatkan Hadits Di atas adalah Imam Muslim)

Nah di atas adalah penjelasan tentang hadits arbain bagian dua tentang islam Iman Dan Ihsan, jika teman-teman masih bingung silahkan untuk bertanya melalui kolom komentar atau bisa juga dengan mengkontak kami melalui menu contac paling bawah, Subscribe juga blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru ya, Share kepada teman saudara atupun kerabat jika memang artikel ini bermanfaat.


HADITS ARBAIN AN NAWAWIYAH
HADITS ARBAIN KE 1 HADITS ARBAIN KE 2 HADITS ARBAIN KE 3 HADITS ARBAIN KE 4
HADITS ARBAIN KE 5 HADITS ARBAIN KE 6 HADITS ARBAIN KE 7 HADITS ARBAIN KE 8
HADITS ARBAIN KE 9 HADITS ARBAIN KE 10 HADITS ARBAIN KE 11 HADITS ARBAIN KE 12
HADITS ARBAIN KE 13 HADITS ARBAIN KE 14 HADITS ARBAIN KE 15 HADITS ARBAIN KE 16
HADITS ARBAIN KE 17 HADITS ARBAIN KE 18 HADITS ARBAIN KE 19 HADITS ARBAIN KE 20
HADITS ARBAIN KE 21 HADITS ARBAIN KE 22 HADITS ARBAIN KE 23 HADITS ARBAIN KE 24
HADITS ARBAIN KE 25 HADITS ARBAIN KE 26 HADITS ARBAIN KE 27 HADITS ARBAIN KE 28
HADITS ARBAIN KE 29 HADITS ARBAIN KE 30 HADITS ARBAIN KE 31 HADITS ARBAIN KE 32
HADITS ARBAIN KE 33 HADITS ARBAIN KE 34 HADITS ARBAIN KE 35 HADITS ARBAIN KE 36
HADITS ARBAIN KE 37 HADITS ARBAIN KE 38 HADITS ARBAIN KE 39 HADITS ARBAIN KE 40

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hadits Arbain Ke 2 Pengertian Islam, Iman Dan Ihsan Kitab Arbain