Kisah Orang Yang Tertipu Oleh Iblis

Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini kajian muslim akan menceritakan kisah dari seorang yang tertipu oleh iblis, dalam ceritanya ini banyak sekali makna yang bisa kita ambil dan kita pelajari, ok langsung saja berikut kisahna dibawah ini.

Kisah Orang Yang Tertipu Oleh Iblis
Kisah Orang Yang Tertipu Oleh Iblis

Diriwayatkan dari ikrimah, ada seseorang yang melewati suatu pohon kayu yang sering disembah oleh orang musryik, dirinya sangat membeci sekali dengan hal itu, saking bencinya saat itu juga dia langsung pergi mau menebang pohon kayu itu, dijalan bertemu dengan iblish yang berupa manusia, iblish bertanya: kamu mau kemana?

Jawab orang yang maun menebang pohon: saya mau menebang pohon kayu yang sering disembah oleh orang musyrik, sesungguhnya saya sudah berjanji kepada Allah untuk menebang pohon kayu itu, kata iblish: kenapa kamu mau menebang pohon kayu itu, jangaaaaaaan!!! Teriak si iblish.
Orang yang mau menebang pohon kayu memaksa terus dia mau menebang pohon kayu itu, lalu mereka berdua bertengkar, yaitu iblis dan yang mau menebang pohon kayu itu, iblis kalah tersungkur sampai tiga kali, lalu iblis berbicara: kamu silahkan segera pulang , saya berjanji akan memberi 4 dinar dalam sehari, kata orang yang mau menebang pohon: Apakah benar begitu?

Kata iblish: tentu saja!

Terus orang itu pulang kerumahnya.

Dari setiap dia membuka sajadahnya ternyata ada 4 dinar selama 3 hari, kemudian pada hari ke 4 nya, pada saat dibuka sajadahnya ternyata tidak ada apa-apa.

Setelah itu dia membawa kampak mau menebang pohon kayu sambil menunggangi himar (Keledai), dijalan dia bertemu lagi dengan iblish yang berupa manusia, iblish bertanya: mau kemana kamu? Orang itu berkata: saya mau menebang kayu, dan setelah itu mereka bertengkar lagi (Baku Hantam).
Yang mau menebang pohon kalah tersungkur 3 kali.

Dirinya kaget terus bertanya kepada iblish: kenapa kamu bisa menang sekarang, Dulu pertama kali kita bertengkar (Baku Hantam) saya yang unggul? Kata iblish: karena Yang dulu kamu mau menebang pohon kayu itu karena Allah, kalau dikumpulkan semua prajuritku tetep aku tidak akan menang.

Kalo sekarang kamu menebang pohon karena tidak menemukan dinar dibawah sajadah kamu, Segeralah kamu pulang! Kalo tidak pulang pasti lehermu akan putus.

Itulah cerita dari seorang yang tertipu oleh iblish, apa makna yang bisa kita ambil dari sini? Salah satunya adalah makna perbedaan niat karna Allah dan karena sesuati itu berbeda, jika Niat karena Allah maka iblish sekalipun tidak akan bisa menandingi kita sebab pada saat itu tentu kita berada dalam lindungan Allah Swt, berbeda jika niat kita karena sesuatu maka siaplah menerima akibat yang paling fatal seperti cerita di atas.

Itulah cerita hari ini semoga kita semua bisa dapat mengambil hikmah dari hal kisah di atas, akhirkata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Kisah Orang Yang Tertipu Oleh Iblis