Kisah Hikayah Kyai Barseso Yang Tergoda Oleh Iblis

Assalamualaikum sahabat kajian muslim, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kisah dari kyai barseso, kyai barseso ini sangat hebat dalam beribadah, sampai sampai para malaikat takjub akan ibadahnya kepada Allah, namun sangat disayangkan dia tergoda oleh iblis sehingga dia menjadi orang yang kufur, nah seperti apa ceritanya, berikut dibawah ini mari kita simak bersama-sama.


Diriwayatkan barseso itu seorng yang alim ahli ibadah, muridnya berjumlah 60 ribu, yang sudah bisa berjalan di awang-awang (Di Udara), oleh keberkahannya kiyai barseso, malaikat pada kaget melihat ibadahnya ki barseso, Allah tala berfirman kepada para malaikat: “Apakah kamu semua kaget melihat ibadah barseso? Sesungguhnya aku lebih tau dari perkara yang kamu semua belum tahu, aku tahu barsisho itu akan menjadi kufur dan masuk neraka.” Keadaan seperti itu diketahui oleh iblis, terus iblis datang ketempat ibadahnya barseso, hei barseso! Kata barseso siapa kamu? Apa maksudmu datang kemari? Jawab iblis aku ahli ibadah, mau menemanimu beribadah kepada Allah ta’ala, kata barseso: orang yang mau ibadah tidak usah ditemani, iblis tidak menjawab, tapi dia terus berdiri pura-pura beribadah keapda allah, tiga hari iblis tidak tidur, dan tidak makan minum, kata barsisho: saya suka buka puasa, suka tidur, dan suka makan minum, kenapa kamu berbeda, saya ibadah kepada Allah itu sudah 220 tahun, tidak bisa meninggalkan makan dan minum.

Bagaimana caranya supaya saya bisa sabar seperti kamu?Kata iblis, kamu harus berangkat dulu dan menjalankan maksiat kepada Allah sesudah itu lalu bertaubat, karena Allah itu maha pengasih, nanti kamu akan menemukan manisnya ibadah, kata barseso: masa saya harus maksiat kepada Allah sesudah saya  beribadah selama 220 tahun, kata iblis: orang yang sudah bermaksiat pasti membutuhkan taubat dan pengampunan, kata barseso: kalau begitu saya harus menjalankan maksiat apa? Kata iblis: Jinah saja, kata barsisho: saya tidak akan berjinah, kata iblis: kalo ga mau jinah ya sudah mateni orang beriman sajah, kata barseso: saya tidak akan melakukan itu, kata iblis: kalau ga mau ya sudah minum yang memabukan saja, ini lebih enteng.

Kata barseso: kemana saya harus mencari araknya?
Kata iblis: pergilah kewarung yang ada disana, terus barsisho pergi mau membeli arak, kebetulan yang punya warung itu seorang perempuan yang cantik, lalu araknya diminum setelah itu barseso mengalami mabuk, sesudah mabuk terus berjinah dengan perempuan itu, tidak lama datang suaminya lalu suaminya dipateni.

Terus iblis menyerupai manusia dan melapor ke pemerintah setempat, setelah itu barseso ditangkap dan dihukum 80 pukulan karena meminum arak, 100 pukulan karena jinah, dihukum salib karena memateni.

Lalu Ketika disalib iblis datang menyerupai manusia, iblis berbicara: Bagai mana kamu sekarang, jawab barseso: yainilah akibatnya orang yang menuruti kelakuan orang lain yang salah, kata iblis: kamu beribadah 220 tahun itu kamu malah di salib, tapi kalau kamu mengharapkan pertolongan saya, saya akan menurunkan kamu dari salib, kata barseso: kalo begitu saya mau menuruti kamu dan saya janji mau menuruti apa kemauanmu, kata iblis: silahkan kamu bersujud kepadaku sekali saja, kata barseso: bagai mana saya mau sujud sedangkan keadaan saya sedang disalib! Kata iblis: isyarah saja dengan kepadalau, terus barseso sujud pakai isyarah dengan kepalanya.

Lalu setelah sujud barseso mati dalam keadaan kufur, setelah itu iblis berbicara: saya tidak ada urusan denganmu, aku takut kepada allah yang menguasai alam semesta.

Mohon Perlindungan
Mohon Perlindungan

Nauzubillahimindzalik, Kita semua minta perlindungan dari allah dari kejadian yang seperti itu, semoga allah menjadikan iman sebagai penerang dan jangan menjadikan engkau ya Allah kepada iman sebagai istidrojj (Panyungkun), Amin yarobbal alamin.

Nah sahabat kajian muslim, itulah kisah kyai barseso yang tergoda oleh iblis, ceritanya sangat menarik untuk dijadikan pelajaran, mengambil hal positif dan jauhi hal yang negatifnya, jangan sampai kita tergoda oleh iblis ini, iblis ini sudah berjanji akan menyesatkan seluruh keturunan adam, kita sebagai anak-anak adam harus berhati-hati, selalu berdoa lah setiap saat untuk memohon perlindungan dari Allah Swt, mungkin untuk artikel kali ini saya cukupkan sampai disini, akhir kata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Kisah Hikayah Kyai Barseso Yang Tergoda Oleh Iblis