Niat Sholat Ghaib Dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat Ghaib

Sholat ghaib adalah sholat yang dilaksanakan bila ada keluarga atau kerabat yang meninggal ditempat yang jauh dari keluarga dan sanak saudaranya, Maka dari itu kita disunahkan untuk melaksanakan sholat ghaib untuk mayat tersebut walaupun sudah lewat satu minggu atau lebih.

Cara melaksanakan Sholat ghaib ini sama saja dengan melaksanakan sholat jenazah biasa, Perbedaannya hanya pada niat nya saja, Pada niatnya disebutkan atas mayit ghaib, Berikut adalah bacaan niat ketika sholat mayit ghaib dibawah ini.

Niat nya 
niat sholat ghaib
Niat Sholat Ghaib

Ushallii alaa mayyiti (.....) Al-ghaa'ibi arba'a takbiiraatin fardhal kifaayati lillaahita'aalaa.
Artinya :
"Aku niat sholat atas mayit (......) Ghaib empat takbir fardhu kifayah karena allah Ta'alaa."
Setelah salam dan membaca surah al-fatihah bersama-sama, Sebagai imam maka dilanjutkan dengan membaca Doa berikut ini.
Doa setelah sholat jenazah
Doa sesudah sholat jenazah

Bismillaahir rahmaanir rahiim
Allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aali sayyidinaa muhammad. allahumma bihaqqil fatihah. i'tiq riqaabanaa wa riqaaba haazal mayyiti (haadzihil layyiti) minan naar (3x)

Allaahumma anzilir rahmata wal maghfirata alaa haadzal mayyiti (haadzihil mayyitati) waj al qabrahuu (haa)raudhatan minal jannah. Wa shallallaahu alaa khairi khalqihii sayyidinaa muhammadin wa aalihii wa shahbihii ajma iina wal hamdu lillaahi rabbil aalamiin.
Artinya :
"Ya allah, curahkanlah rahmat atas jungjungan kami nabi muhammad dan kepada keluarga nabi muhammad, Ya allah, dengan berkahnya surat al fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayit ini dari siksaan api neraka (3x).

Ya allah, Curahkanlah rahmat dan berilah ampun kepada mayait ini, dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari syurga dan janganlah engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. dan semoga allah memberi rahmat kepada semulia-mulia makhluknya yaitu jungjungan kami nabi muhammad dan keluarganya serta shahabat shahabatnya sekalian, dan segalapuji bagi allah tuhan seluruh alam."
Nah itulah Niat dan cara melaksanakan sholat ghaib, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya, Silahkan bagi sahabat yang ingin bertanya berkomentah dikolom komentar yang sudah disediakan dibawah.





Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Niat Sholat Ghaib Dan Tata Cara Pelaksanaannya