Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya

loading...

DOA QUNUT SHOLAT SHUBUH
Doa Qunut rumi adalah Doa yang di baca ketika sholat subuh, Tepatnya di waktu i'tidal atau di waktu berdiri dari sesudah ruku pada raka'at ter akhir, Hukum dari membaca Qunut ini adalah sunnah ab'adh, Artinya adalah sunnah yang di perkuat, Dan berikut Bacaan Doa Qunut di bawah ini...
BERIKUT DOA NYA
Doa Qunut
Bacaan Arab Latin Doa Qunut Sholat Shubuh

"Bismillaahirrahmaanirrahiim"
Allaahumahdinii fiiman hadait, Wa aafinii fiiman aafait, Watawallani fiimangtawallait, Wabaariklii fiimaa a toit, Waqini birahmatika syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, Wainnahu layadzillu mawwalait, Walaya idzuman aadait, Tabarak tarabannaa wata aalait, Falakal hamdu alamaa qadhait, Astag firuka wa atuubu ilaik, Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallim.
ARTINYA : 
Ya allah semoga enggkau memberikan petunjuk kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan petunjuk, Dan semoga engkau memberikan keselamatan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan keselamatan, Dan semoga engkau memberikan pertolongan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan pertolongan, Dan semoga engkau memberikan berkah kepadaku dari hay yang telah engkau tetapkan, Dan semoga engkau memeriksa kami dari rahmatmu dari keburukan yang telah engkau tetapkan, Dan sesungguhnya engkaulah yang maha menghukumi dan tidak ada yang bisa menghukummu, Dan sesungguhnya engkau tidak bisa hina, orang yang engkau sayang, Dengan tidak memulyakan orang yang di satru olehmu, Dan maha tinggi Allah maka tetap segala puji bagimu, Oleh hal yang sudah engkau hukum, Aku memohon pengampunan dan taubat kepadamu Dan semoga engkau menambahkan rahmatnya kepada muhammad yang menjadi nabi, Dan semua umat kanjeng nabi muhammad Dan para sahabatnya, Semoga allah menambahkan keberkahan dan keselamatan.
Itulah Bacaan Doa Qunut Lengkap Dengan Artinya yang dapat kami bagikan dalam kesempatan kali ini, pada sebuah kasus sering kali ada orang yang lupa membaca Doa qunut ini, lalu bagai mana dengan sholat kita jika kita lupa membaca doa qunut?... Apakah sholat kita SAH atau TIDAK?...

Sholat kita tentu sah, karena dalam sholat shubuh, membaca doa qunut itu adalah sunnah, namun dalam hal ini kita disunnatkan untuk sujud syahwi jika kita lupa membacanya, karena membaca doa qunut pada sholat shubuh itu adalah sunnah ab'adh, berikut adalah cara bagai mana untuk melaksanakan sujud syahwi karena lupa membaca doa qunut.

CARA SUJUD SYAHWI KARENA LUPA MEMBACA DOA QUNUT
Cara sujud syahwi dilakukan setelah selesai membaca tahiat akhir sebelum salam, dan dilakukan sebanyak dua kali, pada kedua sujud tersebut hendaklah kita membaca tasbih di bawah ini.
Bacaan sujud syahwi ketika lupa membaca doa qunut
Bacaan tasbih

"SUBHAANA MALLAA YANAAMU WALAA YASHUU"
ARTINYA :
"Mahasuci allah yang tidak tidur dan tidak lupa"

Itulah pembahasan tentang bagai mana sujud syahwi ketika lupa membaca doa Qunut pada sholat subuh, semoga artikel di atas bermanfaat, dan ada tambahan sedikit tentang pembahasan doa qunut, yaitu hadits dan hukum membaca doa qunut.

HADITS RIWAYAT RASULULLOH TENTANG DOA QUNUT
Ada dua keterangan dari hadist doa qunut yang disampaikan oleh annas ra, yang pertama hadits doa qunut nazilah yang dibaca oleh rasululloh sebulan penuh pada saat subuh, yang kedua doa qunut sholat shubuh yang dibaca oleh rasululloh pada saat sholat subuh sampai beliau wafat, berikut keterangan hadits nya dibawah ini.
hadits doa qunut nazilah
Hadits doa qunut nazilah
"AN AANASIN : ANNANNABIYYA SAW, QONATA SYAHRON YAD UU ALAIHIM SYUMMATARAKA"
ARTINYA :
"Dari annas ra, sesungguhnya nabi saw membaca qunut dalam waktu sebulan, mendoakan celaka nabi kepada orang-orang yang berkhianat, lalu nabi berhenti membaca doa qunut."
Hadits di atas menurut madzab syafi'i dijadikan qunut nazilah, yang dibaca waktu banyak bencana, adapun hadits dari qunut sholat shubuh, berikut pembahasannya dibawah.
hadits doa qunut sholat shubuh
Hadits doa qunut sholat shubuh
"FA AMMAA FISHUBHI FALAM YAZAL YAQNUTU HATAA FAROQOD DUNNYA"
ARTINYA :
"Adapun didalam sholat shubuh nabi tidak henti-hentinya membaca qunut sampai wafat."
Itulah hadits dari doa qunut, Sebenarnya Doa qunut itu terbagi menjadi tiga macam, yang pertama adalah doa qunut nazilah, Doa qunut nazilah adalah doa qunut yang dibacakan ketika terjadinya musibah, bala bencana seperti penyakit peristiwa seperti bencana alam dan yang lainnya, pembacaan doa qunut nazilah sama seperti doa qunut sholat subuh, yaitu pada waktu i'tidal tepatnya diwaktu berdiri sesudah ruku pada raka'at terakhir, hukum Doa qunut nazilah ini adalah Sunnah hai'ah, jadi jika kita lupa tidak disunatkan bersujud sahwi, untuk lebih jelasnya tentang doa qunut nazilah teman-teman bisa lihat disini doa Qunut nazilah.

Yang kedua adalah Doa Qunut pada sholat witir, Menurut pengikut imam abu hanifah qunut pada sholat witir dilakukan pada raka'at ketiga sebelum ruku, pada setiap sholat sunnah, menurut pengikut ahmad bin hanabal qunut sholat witir dilakukan setelah ruku, menurut pengikut imam syafi'i qunut pada sholat witir dilakukan pada akhir sholat witir setelah ruku, pada separuh kedua bulan romadhon, akan tetapi menurut pengikut imam malik qunut pada sholat witir tidak disunnatkan.

Yang ketiga adalah Doa qunut pada rakaat terakhir sholat shubuh seperti yang dijelaskan di atas, pembahasan utama kita, Doa qunut yang dilakukan atau dibacakan pada raka'at terakhir sholat shubuh tepatnya pada waktu i'tidal setelah ruku, hukum dari doa qunut sholat shubuh ini menurut imam syafi'i adalah sunnah ab'adh, dalam arti diberi pahala bagi orang yang mengerjakannya dan bagi orang yang lupa dalam membaca doa qunut ini maka disunnatkan untuk menggantikannya dengan sujud sahwi.

Banyak sekali perbedaan pendapat dari doa qunut ini, namun kita sebagai pengikut madzab imam syafi'i tentu disunnahkan untuk melakukannya, sekian dari saya dalam pembahasan doa qunut, wasallam.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya