Pembelajaran Hukum Tajwid Dalam Al-Quran Surat Ar-Ra'd Ayat 1

Assalamualaikum teman-teman, artikel kita kali ini akan membahas hukum tajwid yang ada pada surat ar-ra'd ayat 1 beserta dengan penjelasannya, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat teman-teman yang sedang belajar hukum tajwid, karena belajar hukum tajwid itu hukumnya adalah fardhu ain, artinya wajib bagi seluruh umat muslim yang membaca al-quran, jadi belajar hukum tajwid ini sangat penting sekali.

Nah dengan adanya artikel ini pula mudah-mudahan teman-teman dapat mempertajam tentang kefahaman teman-teman terhadap hukum-hukum tajwid yang ada pada ayat-ayat al-quran, semoga bermanfaat dan selamat belajar, berikut ini adalah hukum tajwid surat ar-ra'd ayat 1.

SURAT AR-RA'D AYAT 1
Hukum Tajwid Dalam Al-Quran Surat Ar-Ra'd Ayat 1
Hukum tajwid surat ar-ra'd ayat 1

ARTINYA:
ALIF LAM MIM RA. INI ADALAH AYAT-AYAT KITAB (AL-qURAN). DAN (KITAB) YANG DITURUNKAN KEPADAMU (MUHAMMAD) DARI TUHANMU ITU ADALAH BENAR; TETAPI KEBANYAKAN MANUSIA TIDAK BERIMAN (KEPADANYA).

HUKUM TAJWIDNYA
1. Mad lazim harfi musyba
Huruf lam dan mim Yaitu huruf-huruf yang ada di awal surat, cara membacanya di panjangkan serta dibacanya menuruti nama-mana huruf, dibacanya ringan karena tidak memakai tasydid panjangnya 6 harkat.

2. Mad lajim mukhofaf harpi
Huruf ra (Mad lajim harpi mukhofaf) Yaitu huruf-huruf yang adanya di awal surat, dibacanya ringan / pendek. Panjangnya 2 harakat.

3. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

4. Mad badal
Hamzah berbaris vertikal, Yaitu pengganti dari huruf yang semula bertemu dengan hamzah mati di hadapannya, baris vertikal itu pengganti dari huruf yang semula, panjangnya dibaca 2 harakat.

5. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf ya bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

6. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf kaf (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

7. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

8. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

9. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf lam (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf lam (huruf syamsiyyah).

10. Mad zaid munfasil
Yaitu mad thabi'i berada dalam satu kalimah menghadapi hamzah yang ada di kalimat lain, panjangnya 2 harkat sampai 5 harakat.

11. Ikhfa ausat
Yaitu huruf nun mati bertemu dengan huruf zai, cara membacanya ditahan serta dengung condong ke huruf "M".

12. Idgham bilaghunah / idgham bighoiri ghunah
Yaitu nun mati bertemu dengan huruf ra, cara membacanya suara nun mati dimasukan ke huruf ra serta tidak memakai dengung.

13. Tafhim
Yaitu huruf ra barisnya fatah, cara membacanya huruf ro dibaca tebal.

14. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf ha (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

15. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf lam bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

16. Idgham ma'al ghunah / idgham wajib ghunah / ghunah musadad
Yaitu nun bertasydid cara bacanya ditahan serta dengung.

17. Alif lam syamsiyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf nun (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf nun (huruf syamsiyyah).

18. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

19. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

20. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah teman-teman itulah hukum tajwid yang ada pada surat ar-ra'd, semoga teman-teman dapat dengan cepat memahami hukum-hukum tajwid, kepada teman-teman jangan lupa untuk mempelajari hukum tajwid dari surat yang lainnya juga ya, semoga artikel ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Pembelajaran Hukum Tajwid Dalam Al-Quran Surat Ar-Ra'd Ayat 1