Hukum Tajwid Surat Thaha AYat 111 Beserta Alasannya

Assalamualaikum teman-teman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hukum tajwid pada surat thaha ayat 111, surat thaha ini adalah surat ke 20 dalam al quran yang terletak pada juz ke 16, buat teman-teman yang sedang mencari pembahasan surat thaha ini mudah-mudahan artikel ini dapat membantu teman-teman sebagai materi pembelajaran hukum tajwid, sudah banyak sekali materi yang kami tulisakan mengenai hukum tajwid di blog ini, mudah-mudahan materi yang lainnya juga dapat bermanfaaat buat yang membutuhkan.

Belajar hukum tajwid bagi seorang muslim yang membaca al quran hukumnya adalah fardu ain, artinya wajib bagi umat muslim yang membaca al quran, perkataan ini sering kami tuliskan hampir disetiap pembahasan hukum tajwid, tujuannya agar apabila ada seorang dari teman-teman yang baru belajar hukum tajwid menjadi tahu bahwa pentingnya belajar hukum tajwid, nah sepertinya saya sudah aga melenceng dari pembahasan utama artikel ini, mari kita fokus kembali ke inti pembahasan yaitu hukum tajwid pada surat thaha, berikut hukum tajwidnya dibawah.

SURAT TAHAHA AYAT 111
Hukum Tajwid Surat Thaha AYat 111 Beserta Alasannya
Hukum tajwid surat thaha ayat 111

ARTINYA:DAN SEMUA WAJAH TERTUNDUKDIHADAPAN (ALLAH) YANG HIDUP DAN YANG BERDIRI SENDIRI. SUNGGUH RUGI ORANG YANG MELAKUKAN KEDZALIMAN.

HUKUM TAJWIDNYA:
1. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf wau (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

2. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

3. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf qof (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

4. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

5. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

6. Qalqalah sugra
Yaitu huruf dal barisnya mati (sukun).

7. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

8. Idzhar khalqi
Yaitu nun mati bertemu dengan huruf ha, cara membacanya suara nun mati dibaca jelas.

9. Mad iwadh
Yaitu kalimat yang berbaris tanwin fatah diwaqafkan, cara membacanya suara tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat kecuali kalimat yang huruf akhirnya ta marbuthoh, karena ta marbuthoh jika diwaqafkan huruf ta berubah menjadi ha mati.

Nah teman-teman itulah pemabahasan kita kali ini mengenai hukum tajwid, semoga bermanfaat ya, silahkan bagikan artikel ini apabila menurut teman-teman bermanfaat, share kepada teman-teman yang sedang belajar hukum tajwid juga, dan apabila dalam proses pembelajaran teman-teman mengalami kesulitan silahkan untuk bertanya kepada kami mengenai perkara yang membuat teman-teman tidak mengerti, kami sudah menuliskan kontak pada menu kontak, tunggu sampai kami membalas email dari teman-teman semuanya.

Untuk artikel kali ini sepertinya kami cukupkan sampai disini, baca pembahasa hukum tajwid yang lainnya hanya di blog ini ya, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Thaha AYat 111 Beserta Alasannya