Hukum Tajwid Surat Maryam Ayat 41 | https://www.kajianmuslim.net

Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hukum tajwid surat maryam ayat 41, surat maryam ini adalah surat ke 19 dalam al-quran dan terdapat pada juz ke 16, pembahasan ini akan membantu teman-teman yang sedang dalam proses belajar hukum-hukum tajwid, memahami ciri dari hukum-hukum tajwid ini memang agak sedikit sulit karena banyaknya ciri yang hampir sama, tapi seiring berjalannya waktu tentu akan terbiasa.

Kepada teman-teman yang baru bergabung untuk belajar hukum-hukum tajwid kami sarankan untuk mempelajari materi secara perlahan agar dapat mudah mengerti, berikut ini adalah hukum tajwid surat maryam ayat 41 lengkap.

SURAT MARYAM AYAT 41
Hukum Tajwid Surat Maryam Ayat 41
Hukum tajwid surat maryam ayat 41 kajian muslim

ARTINYA:
DAN CERITAKANLAH (MUHAMMAD) KISAH IBRAHIM DI DALAM KITAB (AL-QURAN), SESUNGGUHNYA DIA SEORANG YANG SANGAT MENCINTAI KEBENARAN, DAN SEORANG NABI.

HUKUM TAJWIDNYA:
1. Tafhim
Yaitu Ra mati sebelumnya ada baris dhammah, cara membacanya huruf ra mati dibaca tebal.

2. Alif lam qomariyyah
Yaitu alif lam bertemu dengan huruf kaf (huruf Qomariyyah), cara membacanya lam mati dibaca jelas.

3. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf ta bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

4. Qalqalah sugra
Yaitu huruf ba barisnya mati (sukun).

5. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu huruf ro bertemu dengan alif yang tersembunyi, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang tersembunyi, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

6. Mad arid lisukun / aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

7. Tanda waqaf
Yaitu singkatan dari Al waqfu aula artinya lebih baik waqaf dari pada washal (lebih baik berhenti daripada lanjut).

8. Idgham ma'al ghunah / idgham wajib ghunah / ghunah musadad
Yaitu nun bertasydid cara bacanya ditahan serta dengung.

9. Mad silah khoshiroh
Yaitu sebelum ha dhamir ada huruf yang hidup (yang ada barisnya), kalau sebelum ha dhamir hurufnya mati maka itu tidak bisa disebut mad shilah khoshiroh, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

10. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

11. Mad thabi'i (mad asli)
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

12. Idgham bighunah
Yaitu tanwin bertemu dengan huruf nun (huruf idgham), cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf nun, cara membacanya di tahan serta dengung.

13. Mad iwadh
Yaitu kalimat yang berbaris tanwin fatah diwaqafkan, cara membacanya suara tanwin dihilangkan, panjangnya 2 harakat kecuali kalimat yang huruf akhirnya ta marbuthoh, karena ta marbuthoh jika diwaqafkan huruf ta berubah menjadi ha mati.

Nah teman-teman itulah hukum tajwid sura maryam ayat 41, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman yang sedang belajar juga ya, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Maryam Ayat 41 | https://www.kajianmuslim.net