Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 10 Lengkap Dengan Alasan Dan Penjelasan

Assalamu alaikum dan selamat datang di blog kajian muslim, semoga teman-teman pengunjung selalu diberikan kesehatan dan rizki yang melimpah (Ammiiin), pada kesempatan kali ini kami akan membagikan hukum tajwid surat yunus ayat 10, kami sudah mentafsirkan hukum tajwidnya dan menuliskannya disini sebagai bahan pelajaran bagi teman-teman yang sedang belajar hukum tajwid dalam al quran, perlu teman-teman ketahui bahwa mempelajari hukum tajwid untuk membaca al-quran hukumnya adalah fardu ain, artinya wajib bagi seluruh umat muslim yang membaca al-Quran.

Kami menuliskan hukum tajwid disini agar teman-teman yang merasa malu untuk belajar langsung kepada ustad dapat belajar juga tentang hukum tajwid ini, akan tetapi kami perlu memberitahukan bahwa sesungguhnya akan lebih mudah untuk belajar hukum tajwid secara langsung (ada seorang guru yang membimbing), karena disana tidak hanya tahu bagian mana saja ayat yang ada hukum tajwidnya akan tetapi juga teman-teman akan belajar cara membacanya terutama makhraj (cara penyebutan ayat yang benar).

Nah artikel akan membantu teman-teman tentang gambaran hukum tajwid, insya allah materinya akan sangat mudah untuk dipelajari karena kami sudah menuliskan juga alasannya, semoga teman-teman dapat memahaminya.

Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 10 Lengkap Dengan Alasannya
Hukum tajwid surat yunus ayat 10
ARTINYA:
DOA MEREKA DIDALAM IALAH "SUBHANAKALLAHUMMA" (MAHA SUCI ENGKAU, YA TUHAN KAMI), DAN SALAM PENGHORMATAN MEREKA IALAH, "SALAM" (SALAM SEJAHTERA). DAN PENUTUP DOA MEREKA IALAH, AL-HAMDULILLAAHI RABBIL ALAMIN" (SEGALAPUJI BAGI ALLAH TUHAN SELURUH ALAM).

HUKUM TAJWID SURAT YUNUS AYAT 10
1. Mad thabi'i
Kenapa disebut mad thabi'i? Yaitu wau bertemu dengan alif yang dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

2. Idzhar syafawi
Yaitu mim mati bertemu dengan huruf fa (huruf idzhar syafawi yaitu huruf wau atau fa), cara bacanya mim mati dibaca dengan jelas (ketika mengucapkan huruf mim mati bibir harus rapat).

3. Mad thabi'i
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

4. Mad thabi'i
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjang 2 harakat.

5. Qalqalah sugra
Yaitu huruf ba (huruf qalqalah) barisnya mati, cara bacanya dipantulkan.

6. Mad thabi'i
Yaitu ha bertemu dengan huruf alif yang dibuang, baris vertika di atas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harkat.

7. Tafhim
Yaitu sebelum lam nya lafadz allah (lam jalalah), ada huruf yang berbaris fatah, dibacanya tebal dan panjangnya 2 harakat.

8. Idgham ma'al ghunah
Yaitu mim bertasdid dibacanya ditahan serta dengung ke hidung.

9. Idzhar syafawi
Yaitu mim mati bertemu dengan huruf fa (huruf idzhar syafawi yaitu huruf wau atau fa), cara bacanya mim mati dibaca dengan jelas (ketika mengucapkan huruf mim mati bibir harus rapat).

10. Mad thabi'i
Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

11. Mad thabi'i
Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjang 2 harakat.

12. Mad aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, hcuruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjang 2 sampai 6 harkat.

13. Tanda waqaf
Tanda waqaf singkatan dari waqaf jaid, artinya boleh waqaf boleh washal.

14. Mad badal
Yaitu di awali dengan huruf hamzah berhadapan dengan hamzah sukun (mati), baris vertikal di atas itu pengganti dari hamzah semula (yang awal) panjangnya 2 harakat.

15. Mad thabi'i
Yaitu wau bertemu dengan alif yang dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

16. Dibaca Idzhar
Yaitu mim mati bertemu dengan huruf hamzah, cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.

17. Alif elam qomariyyah
Yaitu alif elam bertemu dengan huruf ha (huruf qomariyyah), cara membacanya suara lam mati dibaca jelas.

18. Dibaca idzhar
Yaitu mim mati bertemu dengan huruf dal, cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.

19. Tarqiq
Lafad allah dibaca tarqiq, yaitu sebelum lamnya lafadz allah (lam jalalah) ada huruf yang berbaris kasrah, dibacanya tebal panjangnya 2 harakat.

20. Alif elam qomariyyah
Yaitu alif elam bertemu dengan huruf ain (huruf qomariyyah), cara membacanya suara lam mati dibaca jelas.

21. Mad thabi'i
Yaitu ain bertemu dengan alif yang dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.

22. Mad aridisukun
Yaitu mad thabi'i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjang 2 sampai 6 harkat.

Nah itulah pembahasan kita pada kesempatan kali ini tentang hukum tajwid pada surat yunus ayat 10, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang mencari dan yang sedang belajar hukum tajwid, dan kami memohon maaf jika dalam artikel ada kesalahan kata-kata dan yang lainnya, lebihnya ada sedikit tambahan tentang pembahasan hukum tajwid ini berikut dibawah.

PENJELASAN:

2. Alif elam Qomariyyah
Kenapa disebut alif elam qomariyyah? Karena qomariyyah artinya bulan, dibacanya alif elam itu jelas suara 'L' seperti kita melihat bulan, bentuknya bulan terlihat jelas, Berikut adalah Huruf-huruf dari alif elam Qomariyyah:
Alif elam qomariyyah
Alif elam qomariyyah

Nah teman-teman untuk pembahasan hukum tajwid kali ini saya cukupkan sampai disni, jika ada diantara teman-teman yang ingin belajar hukum tajwid secara keseluruhan silahkan untuk mengunjungi laman berikut: Hukum tajwid lengkap, silahkan subcribe blog ini untuk mendapatkan update terbaru dari kami seputar agama islam ya, akhirkata saya ucapkan wasalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hukum Tajwid Surat Yunus Ayat 10 Lengkap Dengan Alasan Dan Penjelasan