Syiah Imamiyah, Syiah Yang Ke 2 Dari 3 Golongan Syiah

Masih membahas tentang syiah, dan sekarang kita sudah masuk ke pembahasan syiah yang ke 2 yaitu syiah imamiyah, perlu diketahui bahwa pada artikel sebelumnya kita telah membahas tahun kemunculannya syiah dan membahas golongan syiah yang pertama, dan syiah yang pertama itu terbagi lagi menjadi 3 golongan, semuanya sudah kita jelaskan pada artikel sebelumnya, jika ingin memahaminya silahkan untuk membaca artikel sebelumnya agar kita tahu dengan adanya sejarah dan tidak di bodoh-bodohi dimasa yang akan datang, berikut ini adalah pembahasan syiah imamiyah.

Syiah imamiyah
Syiah imamiyah
Syiah imamiyah itu ada satu golongan yaitu yang meyakini akan adanya penentuan langsung dengan jelas terhadap jadi imamnya sayidina ali yaitu di angkat oleh nabi shalalahu alaihi wasalam dan pada mengkufurkan kepada para sahabat dan mencela para sahabat karena tidak mengangkat sayidina ali jadi imam, dan imam itu terus menerus turun temurun kepada para putranya sampai kepada jafar sodiq dan percaya akan adanya imam yang 12, jadi sebagian ada yang menetapkan ampai imam ke 7 dan sebagian lagi meyakini sampai 12 imam.

Imam yang pertamanya yaitu sayidina ali karomallahu wajhah, wafat tahun 40 hijriyah.

Imam ke dua yaitu sayidina hasan bin ali bin abi thalib yang wafat tahun 50 hijriyah.

Ketiga yaitu sayidina husain bin ali bin abi thalib, wafat tahun 61 hijriyah.

Ke 4 yaitu ali zainal abidin bin husain bin ali bin abi thalib wafat tahun 94 hijriyah.

Yang ke 5 yaitu muhammad al baqir bin ali zainal abidin wafat tahun 117 hijriyah.

Ke 6 yaitu imam jafar sodiq bin muhammad al bakir wafat tahun 148 hijriyah.

Ke 7 yaitu imam musa al kadzim bin jafar sodiq wafatvtahun 173 hijriyah.

Ke 8 yaitu ali ridho bin musa al kadzim wafat tahun 202 hijriyah.

Ke 9 yaitu muhammad al-jawaad bin ali ridho, wafat tahun 220 hijriyah.

Ke 10 yaitu ali bin muhammad bin ali ridho, wafat tahun 224 hijriyah.

Ke 11 yaitu imam hadan bin ali bin muhammad al as-kari wafat tahun 260 hijriyah.

Ke imam yang ke 12 yaitu imam muhammad bin hasan al mahdi yang menghilang tahun 260 hijriyah.

Yaitu yang diyakini akan turun lagi ke dunia yang di anggap imam mahdi yang sekarang lagi di tunggu kedatangannya.

Susunan imam ini yang 12 yang sering disi'arkan didalam majalah kaum syiah di najap negara irak.

Menurut mereka imam yang 12 ini dapat wasiat dari bapaknya yaitu hasan bin ali kemudian sesudah wafat bapaknya, putranya menghilang entah dimana sampai sekarang.

Kaum syiah itu sering berkumpul didepan lubang-lubang sambil berteriak: wahai imam mahdi! Segera keluar.

Syiah imamiyah ini bercabang-cabang sampai 4 cabang, dan cabang yang terakhir yaitu yang munculnya di tahun 260 hijriyah.

Syiah imamiyah inih di salahkan oleh ahlisunah waljamaah, karena berani mengkufurkan kepada para sahabat terutama para sahabat yang sudah ditentukan akan masuk ke syurga.

Dan lagi imam mahdi yang akan lahir di akhir jaman yang mendatangkan ke adilan yang ada didalam hadits nabi itu bukan mahdi yang disebut tadi, tapi mahdi keturunan kanjeng nabi yang namanya sama dengan kanjeng nabi yaitu muhammad bin abdullah.
Sabda nabi saw
Sabda nabi saw
Dan ahli sunah waljamaah itu meyakini kepada 4 khalifah yang menjadi khulafau rosyidin dan kita semua diperintahkan dengan mengikutinya, yaitu sebagai mana sabda nabi saw:

Yaitu kita di perintahkan harus mengikuti sunah nabi saw dan sunah khulafau rosyidin sesudah nabi yaitu sayidina abubakar sayidina umar sayidina usman dan sayidina ali.

Dan sebenarnya ini imam yang 12 itu dicintai oleh ahlisunah waljamaah, sebaba beberapa keturunan nabi saw serta imam yanh 12 itu beraliran ahliaunah waljamaah, yang meyakini sayidina abubakar, sayidina umar, sayidina usman, dan sayidina ali.

Sebagai mana yakinnya sayidina ali karomallahu wajhah, hanya saja oleh golongan syiah imamiyah ini yang 12 itu di aku-aku (ditetapkan sebagai imam).

Seperti menetapkannya golongan nasrani bahwa sesungguhnya nabi isa itu putra allah salah satunya tuhan, padahal nabi isa itu memerintahkan harus beribadah kepada allah saja sebagai mana sabdanya:
Sabda nabi isa
Sabda nabi isa
Dan wasiat nabi akan mengangkat jadi imam kepada sayiduna ali yaitu yang disebut didalam hadits sejarah ghodirhum, yaitu sepulangnya nabi dari negeri mekkah, saat sampai ke ghodirhum kemudian mengumpulkan kepada para sahabat, kemudian nabi besabda:
Sabda nabi saw
Sabda nabi saw
Hadits ini oleh golongan syiah dijadikan dalil untuk pengangkatan sayidina ali jadi imam dengan jelas, dan jawaban ahlisunah didalam menghadapi hadits ini yang pertama ucapan:
Ucapan ahlisunah
Ucapan ahlisunah
Itu perintahan bukan bahasa soreh (jelas) untuk wasiat, tapi hadits ini menuduhkan terhadap ke utamaannya sayidina ali, yaitu orang yang dipimpin oleh nabi saw sama oleh sayidina ali juga dipimpin.

Memang didalam khalifah yang 4 itu mempunyai hadits yang tentu yang menuduhkan akan adanya ke utamaan khalifah yang 4, dan hadits ini juga di tulis didalam manaqibnya sayidina ali

Dan kedudukannya hadits ini oleh beberapa ahli hadits terutama oleh imam bukhari dan imam muslim dan oleh imam-imam ahli hadits yang lainnya itu di dhoifkan atau dilemahkan dan jika di takdirkan hadits itu benar pasti oleh para sahabat yang taat kepada perintah nabi  hadits itu akan dilaksanakan, tapi dijaman khalifah pertama dan khalifah ke 2 begitu juga didalam khalifah ke 3 hadits ini tidak di kenal, sedangkan kalau benar wasiat pasti para shahabat akan mengetahui hadits ini.

Dan pasti didalam beberapa kitab hadits shoheh akan ditulis serta dikenal oleh ahli hadits.

Tapi dari jaman wafatnya kanjeng nabi saw itu tidak pada kenal terhadap hadits ini dan dikenalnya hadits ini itu dari mulai munculnya golongan syiah yang diramaikan oleh absullan bin saba dari pendeta yahudi yang mengacaukan didalam agama islam.

Nah teman temanku sekalian yang telah berkunjung kesini, mungkin hanya ini yang dapat kami terangkan dalam update artikel kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan jika ada kata kata kami yang salah atau kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena kami memahami bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, akan tetapi kami berusaha untuk memberikan yang terbaik disini, kepada teman-temanku sekalian, jika berkenan silahkan bagikan artikel ini kepada yang lainnya ya agar mereka juga tahu tentang sejarah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Syiah Imamiyah, Syiah Yang Ke 2 Dari 3 Golongan Syiah