BULAN SYABAN | Fadilah, Niat, Puasa, Amalan Bulan Syaban Beserta Doanya

Artikel ini akan menjelaskan tentang bulan syaban, fadilah bulan syaban (keistimewaan), Niat puasa, Amalan di bulan syaban dan doanya, pembahasan tentang bulan syaban disini akan diperkuat dengan ahdits-hadits agar semakin jelas dalam penerangannya kepada teman-teman pembaca blog kajian muslim ini, dan kami berharap semua yang telah kami bahas disini bisa bermanfaat buat teman-teman semuanya.

Bulan Syaban
Bulan Syaban

Bulan syaban adalah yang penuh dengan ke istimewaan, dalam islam terdapat duabelas bulan dalam satu tahun, dan pada bulan-bulan tersebut ada bulan yang di istimewakan, bulan harom adalah salah satunya, namun selain ke istimewaan bulah harom, ada juga bulan yang mempunyai ke istimewaan yaitu bulan syaban, bulan syaban ini adalah bulan ke 8 dalam perhitungan kalender hijriyah, tepatnya bulan yang telah umat islam lalui sebelum bulan puasa (ramadhan).

Fadilah dari bulan syaban ini tentulah sangat besar, maka dari itu setiap kali kita bertemu dengan bulan syaban bagi orang-orang yang sehat maka disunahkan baginya untuk berpuasa pada bulan yang penuh dengan ke istimewaan tersebut, rasulullah shalalahu alaihi wasalam telah bersabda atas ke istimewaannya bulan syaban ini, berikut ini adalah sabda dari rasulullah saw.

SABDA RASULULLAH SAW:
Sabda Rasulullaah
Sabda Rasulullaah Sabda Rasulullaah

ARTINYA:
Keistimewaan bulan syaban dari semua bulan itu seperti ke istimewaan aku, melebihi para nabi, dan ke istimewaan bulan ramadhan dari semua bulan itu seperti ke istimewaan Allah melebihi hamba-hambanya.

SABDA RASULULLAH SAW:
Sabda Rasulullah Dibulan Syaban
Sabda Rasulullah Dibulan Syaban

ARTINYA:
Apakah kamu semua tahu kenapa dinamakan bulan syaban? para sahabat menjawab, Allah dan rasulnya lebih tau, nabi bersabda karena di bulan syaban itu banyak kebaikan yang bercabang-cabang.

SABDA RASULULLAH SAW:
Sabda Rasulullaah Menahan Maksiat
Sabda Rasulullaah Menahan Maksiat

ARTINYA:
Siapa orang yang mengagungkan / mengistimewakan bulan syaban dan bertaqwa kepada Allah dan ta'at kepada Allah dan menahan dirinya dari maksiat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan menyelamatkan allah dari segala bencana dan segala penyakit dari tahun itu.

Mungkin ada dari salah satu saudara yang bertanya kenapa bulan ini dinamakan dengan bulan syaban? karena pada jaman dahulu orang arab berpencar-pencar mencari air ke goa-goa dikarenakan sulitnya mendapatkan air pada masa itu.

PUASA BULAN SYABAN
Sebagai umat muslim kita disunahkan untuk melakukan puasa di bulan syaban ini, karena ke istimewaan bulan syaban seperti yang telah disebutkan dalam hadits di pertama di atas, puasa di bulan syaban pahalanya tentu sangat besar, nabi saw juga melakukan puasa di bulan syaban ini , bahkan sampai sebulan penuh, adapun haditsnya berikut dibawah ini.

HADITS PUASA BULAN SYABAN
Hadits Puasa Bulan Syaban
Hadits Puasa Bulan Syaban

ARTINYA:
Sesungguhnya nabi shalalahu alaihi wasalam berpuasa dibulan syaban sebulan penuh.

Dalam hadits lain mengatakan bahwa bahwa sanya allah mengangkat semua amal hamba-hambanya di bulan syaban ini, adapun hadits tentang allah mengangkat amal hamba-hambanya berikut di bawah ini.

HADITSNYA:
Hadits Bulan Syaban Di Angkatnya Semua Amal
Hadits Bulan Syaban Di Angkatnya Semua Amal

ARTINYA: Nabi bersabda: Mengangkat Allah semua amal perbuatan hama-hambanya di bulan syaban ini.

HADITSNYA
Hadits Bulan Syaban Keterangan Hari Puasa
Hadits Bulan Syaban Keterangan Hari Puasa

ARTINYA:
Diriwayatkan dari nabi shalalahu alaihi wasalam, sesungguhnua nabi telah bersabda: siapa orang yang berpuasa tigahari di awal bulan syaban, dan tiga hari di pertengahan bulan syaban dan tiga hari di akhir bulan syaban maka menuliskan Allah untuk orang itu pahala tujuh puluh nabi.

Hadits Bulan Syaban
Seperti Ibadah 10 Tahun

ARTINYA:
Dan orang itu seperti ibadah kepada allah selama tujuhpuluh tahun, dan kalau dia mati di tahun itu maka orang itu mati syahid, Istri nabi saw ummu salamah mengatakan:

Nabi Berpuasa Berturut-turut
Nabi Berpuasa Berturut-turut

ARTINYA: Saya tidak pernah melihat nabi saw berpuasa dua bulan berturut-turut, kecuali bulan syaban dan ramadhan.

Hadits Bulan Syaban
Banyak Orang Yang Melalaikan Bulan Syaban

ARTINYA:
Diriwayatkan dari usamah bin zaid radhiallaahu anhuma bahwa sanya dia berkata ya rasulullah! saya tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan di banding bulan-bulan lain seperti engkau berpuasa di bulan syaban? Beliau menjawab: Itu adalah bulan yang banyak manusia melalaikannya, terletak antara bulan rajab dan bulan ramadhan dia adalah bulan amal-amalan diangkat menuju rabb semesta alam. dan saya suka jika amalanku di angkat dalam ke adaan aku sedang berpuasa.

NIAT PUASA BULAN SYABAN
Berikut ini adalah niat puasa di bulan syaban yang dibacakan ketika hendak berpuasa di esok hari
Niat Puasa Dibulan Syaban
Niat Puasa Dibulan Syaban
ARTINYA: Niat saya puasa hari esok di bulan syaban sunah karena Allah ta'ala

keterangan: Niat letaknya di dalam hati adapun melafadzkan niat itu untuk menuntun hati supaya lebih mantaf.

NISFU SYABAN
Nisfu syaban jatuh pada pertengahan bulan syaban, pada dasarnya umat muslim akan memperbanyak ibadah mereka di pertengahan bulan ini, adapun pendapat para ulama tentang memperbanyak ibadah pada pertengahan bulan syaban antara lain: Bagai mana ibadah di pertengahan bulan syaban? sebagian ulama berpendapat tidak boleh mengkhususkan ibadah di pertengahan bulan syaban hukumnya bidah, itu semua karena hadits-hadits yang berkaitan dengan pertengahan bulan syaban semuanya lemah, sebagian lagi berpendapat boleh memperbanyak ibadah di pertengahan bulan syaban atau hari tertentu di bulan syaban asal jangan di berjamaahkan, nah berikut ini adalah hadits yang berkaitan dengan pertengahan bulan syaban.

HADITS NISFU SYABAN
Hadits Bulan Syaban Wahyu Dari Allah
Hadits Bulan Syaban Wahyu Dari Allah

ARTINYA:
Dari abi hurairah radhiallaahu anhu nabi shalalahu alaihi wasalam bersabda: jibril mendatangi aku di pertengahan bulan syaban, jibril berkata, hai muhammad malam ini dibuka semua pintu langit dan semua pintu rahmat, berdirilah kamu dan shalatlah kamu, tengadahkan kepalamu dan kedua tanganmu ke langit, aku bertanya hai jibril malam ini? jibril berkata: malam ini dibukakan tiga ratus pintu rahmat, maka mengampuni allah kepadanya semua orang yang tidak menyekutukan allah dengan sesuatukecuali tukang sihir, atau dukun, atau orang yang pendendam atau orang yang membiasakan minum khamr (sesuatu yang memabukan) atau tukang zina, atau orang yang suka makan riba, atau orang yang durhaka kepada orang tua, atau orang yang suka mengadu-ngadu, atau orang yang suka memutuskan silaturahim, maka semuanya tidak di ampuni sehingga bertaubat dan meninggalkan semuanya, terus keluar nabi saw melaksanakan shalat dan nabipun menangis dalam sujudnya, dan nabi mengatakan ya Allah aku berlindung kepadamu dari siksamu dan kemurkaanmu, dan aku tidak menghitung muji kepadamu seperti sudah memuji engkau keapda dzat engkau, semua puji untukmu sehingga ridho engkau ya allah.

Macam-macam Ibadah
Macam-macam Ibadah

ARTINYA:
Yang benar yaitu = sesungguhnya orang yang beriman dimana memperbanyak ibadah di malam tertentu dengan macam-macam ibadah, yaitu dengan shalat, dan membaca Al-Quran dan dzikir dan berdoa, itu hukumnya mubah (Boleh) dan tidak makruh, adapun berkumpul dimalam nisfu syaban di masjid-masjid, dan amsjid jami untuk shalat sunah berjamaah yang banyak seperti yang sudah biasa dilakukan di jaman kita semua, maka itu tidak makruh, itu adalah perkataan imam auza'i, yaitu imamnya orang-orang dinegarasyam, dan orang alimnya di negara syam dan ahli fiqhnya di negara syam.

AMALAN NISFU SYABAN
Amalan ditengah bulan syaban, ada banyak sekali masyarakat kita yang memperbanyak ibadah di malam nisfu syaban, diantaranya yaitu dengan membaca yasin tiga kali, berikut ini adalah niat yang dibacakan ketika membaca yasin tiga kali di setiap awal pada saat akan membacanya.

NIAT YANG PERTAMA
Meminta di panjangkan umur karena ibadah kepada allah ta'ala

NIAT YANG KEDUA
Minta rizki yang banyak serta halal karena bekal untuk ibadah kepada allah ta'ala

NIAT YANG KETIGA
Minta ditetapkan imam

Nah itulah pembahasan bulan syaban yang dapat kami tuliskan di halaman ini, semoga bermanfaat buat para pembaca, janganlupa untuk membaca artikel sebelumnya yang telah kami publis di blog ini ya, dan nantikan juga update terbaru dari kami, jika teman-teman ingin mendapatkan pemberitahuan dari kami silahkan untuk mensubscribe blog ini, kolom subcribe ada di bagian bawah artikel ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : BULAN SYABAN | Fadilah, Niat, Puasa, Amalan Bulan Syaban Beserta Doanya