Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunah Dan Hadits Dalam Islam

ZIARAH KUBUR
Assalamualaikum wr wb, kajianmuslim.net - bagi kaum adam (Laki-laki) men ziarahi kubur adalah salah satu hal yang disunahkan karena hal ini sudah diperintahkan oleh Rasulullah Saw, adapun bagi kaum hawa (Perempuan) menziarahi kubur adalah hal yang dimakruhkan.
Hadits Ziarah Kubur
Hadits Ziarah Kubur

HADITS TENTANG ZIARAH KUBUR
1. HADITS PERTAMA
Hadits Dari Buraidah
Hadits Dari Buraidah

ARTINYA:

Dari buraidah Rasulullah Saw telah berkata dahulu saya telah melarang kamu berziarah ke kuburan, sekarang muhammad telah mendapat izin untuk berziarah ke kuburan ibunya, maka ziarahilah kamu, karena sesungguhnya ziarah itu mengingatkan akhirat, Riwayat Muslim, Abu Daud, Dan Tirmidzi.

2. HADITS KEDUA
Hadits Dari Abu Hurairah
Hadits Dari Abu Hurairah

ARTINYA:

Dari abu hurairah Sesungguhnya Rasulullah saw telah mengutuk perempuan perempuan yang ziarah ke kuburan, Riwayat Ahmad, Ibnu Majah Dan Tirmidzi.

3. HADITS KETIGA
Hadits Dari Sulaiman Bin Buraidah
Hadits Dari Sulaiman Bin Buraidah

ARTINYA:

Dari sulaiman bin buraidah, melalui bapaknya, Rasulullah saw mengajari mereka ketika mereka pergi ke kuburan supaya mengatakan: Mudah-mudahan selamat dan sejahteralah orang mukmin dan muslim yang disini dan sesungguhnnya kami insya allah akan menyusul kamu; kami mohon keselamatan kepada allah untuk dan kamu, Riwayat Muslim Dan Ahmad.

TATACARA ZIARAH KUBUR
1. BERWUDHU
Sucikan hadats kecil ketika hendak mau ziarah, karena disana nantinya kita akan membaca ayat pendek dan mendoakan ahli kubur, jadi jangan sampai kita datang dalam keadaan mempunyai hadats kecil apalagi hadats besar.

2. MEMBERI SALAM
Orang yang menziarahi kubur disunahkan untuk memberikan salam kepada ahli kubur pada saat pertama datang, ini adalah adab yang tentunya harus kita lakukan, dan lekas mendoakan mereka untuk memintakan ampunan dan meminta keselamatan kepada ahli kubur, berikut ini adalah salam dan doanya.
Doa Ziarah Kubur
Doa Ziarah Kubur

3. MENGIRIMKAN DOA

Kirimkan doa kepada ahli kubur, bisa membaca doa-doa pendek doa khusus mayit, atau bisajuga dengan berdzikir, bertasbih, lekas diakhiri dengan membaca surat Al-fatihah, jika bingung mau membaca apa silahkan kunjungi bacaan Doa Tahlil yang ada di blog ini.

4. KETAHUI ADAB KETIKA ZIARAH
Ketahuilah adab ketika menziarahi kubur, jangan sekali kali kita menginjak kuburan atau menduduki kuburan apalagi sampai mecoret coret kuburan karena itu adalah tindakan yang berlebihan, tidakan seperti ini tidak diperbolehkan dalam hukum islam, silahkan ketahui lebih banyak tentang Hal yang tidak dilakukan di pekuburan.

Itulah Tata cara menziarahi kubur sesuai hadits yang berlaku dalam agama islam, semoga kita semua dapat mengamalkannya dan medoakan para ahli kubur yang sudah mendahului kita ammin yarobbal alamin.

Untuk teman teman kajianmuslim.net jangan lupa follow fanspage kajian muslim di facebook ya @indahnyakajianmuslim, janganlupa subscribe juga blog ini agar teman teman mendapatkan updatan terbaru dari blog ini, akhir kata saya ucapkan wasalam.


Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunah Dan Hadits Dalam Islam