Kumpulan Kisah Pendek, Kisah Nabi Sulaiman, Nabi Ibrohim Dan Yang Lainnya

Assalamualaikum teman teman, sebenarnya saya merasa bingung untuk update hari ini karena untuk kisah yang saya tulis ini pendek-pendek, jadi saya memutuskan untuk menggabungkan kisah yang pendek ini menjadi satu halaman, kisah dengan judul yang berbeda-beda, semoga teman teman dapat mengambil hikmah dari kisah yang pendek ini.

KISAH NABI SULAIMAN
Kisah Nabi Sulaiman
Kisah Nabi Sulaiman

Nabi sulaiman Alaihi Salam. Nabi sulaiman Alaihi Salam oleh Allah Ta’ala diberika Ilmu kenabian dan kepangkatan, malah dikasih juga kekayaan, tapi dia tidak sombong sebab dia khusu dan tawadhu kepada Allah ta’ala.

Dia itu suka mengeluarkan makanan yang bagus-bagus, tetapi kalau dia makan roti sair dia tidak pernah kenyang walaupun roti sair nya banyak. Terus ada yang bertanya kepadanya: apa sebabnya kamu suka lapar?

Jawabnya: saya takut lupa kepada orang-orang yang lapar.

KISAH KESABARAN DAN KETAWAKALAN NABI IBROHIM
Kisah Nabi Ibrohim
Kisah Nabi Ibrohim

Dikisahkan disaat nabi ibrohim AS mau dilemparkan kedalam api dengan memakai ketapel besar oleh raja namruz, saat itu datang kepada dirinya malaikat yang bertugas mengurus air, kata malaikat: kalau kamu berharap pertolongan, saya akan memdamkan apinya. Setelah itu datang lagi malaikat yang bertugas mengurus mengurus air juga, katanya kalau kamu mengharapkan pertolongan saya akan melemparkan apinya keudara.

Jawab nabi Ibrohim AS: saya Tidak butuh dengan pertolongan kamu berdua, untuk saya cukup Allah yang menolong saya, malaikat jibril turun disaat nabi ibrohim mau sampai ke kobaran api, apakah kamu butuh pertolongan? Jawab nabi ibrohim AS: saya tidak membutuhkan bantuanmu. Kata malaikat jibril, Kalo begitu silahkan kamu minta kepada Allah Ta’ala. Jawab nabi ibrohim AS: Cukup saya tidak perlu meminta kepada Allah, Allah sudah mengetahui keadaan saya.


KISAH ISTRI YANG DIBESARKAN
Istri Yang Dibesarkan
Istri Yang Dibesarkan

Riwayat imam muslim. Disutu hari anak laki-laki abi tohah dari ummi sulem meninggal dunia. Kata umi sulem: Jangan ada yang memberitahukan siapa saja kepada abi tohah bahwa putranya itu sudah meninggal, masalah ini biar saya yang memberitahukannya. Tidak lama kemudian abi tohah datang, terus umi sulem menyediakan makan sore, setelah itu abi tohah makan dan minum pada waktunya.

Setelah itu umi sulem ber dandan menghias diri, dengan tampilan berdandan yang tidak biasa dia lakukan seperti biasanya, lalu ketika malam telah larut abi tohah tidur bersama istrinya, sesudah terpenuhi yang diinginkanya lalu umi sulem bercerita: Hei abi tohah! Bagai mana pandanganmu kalo ada orang yang meminjam barang pinjaman kepada orang yang meminjamkan, lalu barang pinjaman itu dipinta kembali oleh yang punyanya, supaya di kembalikan, apakah boleh barang yang dipinjamkan itu tidak di kembalikan?

Jawab abi tohah: ya tidak boleh!  Barang itu harus dikembalikan kepada yang punyanya.

Kata umi sulem: Kamu juga harus sabar mengiklaskan putramu. Pada saat itu abi tohah agak marah, karena istri anaknya telat memberitahukannya.

Sesudah itu abi tohah dan istrinya pada datang kepada Rasulullah Saw memberitahukan dan menceritakan apa sudah terjadi, Sabda Rasulullah Saw: Semoga Allah memberkahkan kepada kamu berdua dalam malam kalian.

KISAH ORANG YANG MENDAHULUKAN ORANG LAIN
Kisah Orang Yang Mendahulukan Orang Lain
Kisah Orang Yang Mendahulukan Orang Lain

Diriwayatkan dari ibnu husaini al inthoki, Dalam suatu hari kumpul para tamu-tamu (Di ibnu husain Al inthoki), lebih dari 30 orang di kampung Roy. Untuk persediaan makanan untuk menjamu para tamu tidak ada, hanya ada beberpa roti saja, makanan itu tidak akan mengenyangkan tamu. Serelah itu rotinya di potong kecil-kecil, terus lamunya di matikan, tamunya berkumpul menghadap ke roti, singkat cerita para tamu pada pulang, tapi roti utuh tidak ada yang memakan. Karena semuanya berfikiran sama, yaitu mendahulukan orang lain agar orang lain tidak lapar.

Rasulullah Saw bersabda

ARTINYA: Siapa saja orang yang menginginkan suatu perkara yang di inginkan, terus ditahan keinginannya untuk dipakai mendahulukan orang lain, maka orang itu di maafkan dosanya.

KISAH ORANG YANG SOMBONG DAN ORANG RENDAH DIRI
Ini riwayat dari matrop bin abdillah. Dalam suatu hari, dirinya melihat seseorang yang merasa sombong dengan pakaiannya dan kepangkatannya. Kata Matrof bin abdilah: Gaya berjalan kamu itu di benci oleh Allah ta’ala dan rasullnya. Orang itu menjawab: Apakah kamu tidak tahu sipa aku ini? Kata matrof bin abdillah: Tentusaja saya tahu, Kamu itu berasal dari air mani yang hina, yang berakhir akan menjadi bangkai yang menjijikan.

Sekarang kamu ada diantara yang dua macam tadi (Mani Dan Bangkai), selamanya menjadi wadah kotoran, sesudah orang itu mendengar ceritaan seperti itu, orang itu taubat kepada allah ta’ala, dan dia meninggalkan kepada gaya berjalan yang sombong tadi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Kumpulan Kisah Pendek, Kisah Nabi Sulaiman, Nabi Ibrohim Dan Yang Lainnya