Hikayah Dua Orang Yang Bertengkar Pada Zaman Rasulullah Saw

Assalamualaikum wr wb, Kisah ini ada pada zaman Nabi Saw, dikisahkan ada dua orang yang bertengkar untuk lebih jelasnya berikut kisah nya dibawah ini.

Hikayah Dua Orang Yang Bertengkar Pada Zaman Rasulullah Saw
Hikayah Dua Orang Yang Bertengkar Pada Zaman Rasulullah Saw

Pada suatu hari nabi muhammad SAW berkumpul dengan para sahabatnya, tiba tiba datang dua orang sedang bertengkar, yang satu orang bercerita kepada rasulullah Saw: Saya mempunyai himar, yang satu orang lagi mempunyai sapi, kenapa kedua orang itu bertengkar? Tak lain sebabnya karena sapi dari salah satu orang itu telah menyeruduk himar dari orang yang satunya lagi, Yang hadir disana pada berbicara: hewan itu sudah biasa tidak perlu saling menyalahkan.

Rasulullah Saw bersabda: silahkan adili kedua orang itu hei Ali! Setelah itu sayidina Ali memeriksa kedua orang yang bertengkar itu dan sayidina Ali bertanya: Apakah kedua hewan itu (Sapi dan Himar) di ikat atau tidak? Atau keduanya dilepaskan? Atau Salah satunya Dilepas? Jawabnya: Yang di ikat adalah hewan Himar sedangkan Sapi dilepaskan, sedang bersama dengan yang punya.

Kata sayidina Ali: Kalau begitu yang punya sapi yang bertanggung jawab, Rasulullah Saw menyetujui kepada keputusan sayyidina Ali. Ternyata sayyidina Ali itu yang di unggulkan oleh rasulullah Saw daripada para shahabatnya yang lain yang hadir disana, yang umurnya sudah pada tua lebih tua dari sayyidina Ali Karomallahu Wajhah.

Itulah kisah dari kedua orang yang bertengkar, Nabi muhammad sangat percaya kepada Ali karomallahu wajhah untuk menghakimi kedua orang tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Hikayah Dua Orang Yang Bertengkar Pada Zaman Rasulullah Saw