BAB WUDHU | Sabda Rosululloh Dari Humran Tentang Wudhu

loading...

Sabda Rosululloh dari Humran tentang wudhu
Assalamu alaikum wr, wb Salam saya kepada Para sahabat untuk membuka pertemuan kali ini, Dalam pertemuan kali ini saya akan membahas Hadits Wudhu dimana utsman pernah melihat Rosululloh saw berwudhu, mencuci dua tangannya tiga kali, berkumur, menaikan air ke hidung dan mengembuskannya, mencuci mukanya tiga kali, mencuci tangan kanan dan kirinya sampai siku tiga kali, mengusap kepala, dan mencuci kaki kanan dan kiri sampai mata kaki, Untuk lebih jelasnya mari kita simak haditsnya dibawah ini...
BAB WUDHU
Sabda Rosululloh Dari Humran
"An humroona anna usymaana da aabiwadhuu in. Faghosalakaffaihi salaa tsa marrootin, Tsumma tamadhmadho, waastangsyaQo, Wastangtsaro, Tsumms ghosalawajhahu tsala tsamarrootin, Tsumma ghosala yadahulyumna ilalmirfaQi tsalatsa marrootin, Tsummalyusro mitsla daalika, Tsumma masaha biro sihi, Tsumma ghosala rijlahulyumna ilalka ubaini tsala tsa marrootin, Tsummalyusro mitsla daalika, Tsumma Qoola : Roaitu rosuulallahi saw, Tawadhdho anapwa wudhuu ii haadzaa) muttafaQun alaihi."
Artinya :
Dari Humran, Bahwasannya Utsman minta air wudhu, Lalu ia cuci tangannya tigakali ; Kemudian ia berkumur-kumur dan menaikan air kehidung dan mengembuskannya, kemudian ia cuci mukanya tiga kali, kemudian ia cuci tangan kanannnya hingga siku tiga kali, kemudian yang kiri seperti demikian, kemudian ia usap kepalanya, kemudian ia cuci kakinya yang kanan sampai mata kaki tiga kali, kemudian yang kiri seperti demikian, kemudian ia berkata : Saya pernah lihat rosululloh saw. Berwudhu seperti wudhu saya ini. MutaffaQ' alaih.
Keterangan
1. Hadits ini menerangkan bahwa rosululloh saw, berwudhu tiga-tiga kali, kecuali berkumur-kumur dan mencuci hidung dan mengusap kepala tidak disebut kakinya, Tetapi ada lain-lain hadits shahih menerangkan bahwa kumur-kumur dan cuci hidungpun tiga kali, adapun usap kepala tidak ada hadits shahih yang menerangkan tiga kali, bahkan ada riwayat yang menerangkan hanya satu kali.

2. Cara Rosululloh saw, mengusap kepala, ialah dengan meletakan dua telapak tangan yang basah didepan kepala dekat dahi, lalu mundurkan keduanya sampai ke tengkok lantas tarik keduanya kembali ketempat permulaan, lalu turunkan dua tangan itu kepada dua telinga, dan usap sebelah dalam dua telinga itu dengan dua jarak telunjuk, dan usap sebelah luarnya dengan dua ibu jari.

3. Al-Maidah ayat ke 6 menerangkan bahwa anggauta wudhu itu empat : muka, tangan, kepala, kaki ; Dan ayat itu tidak menerangkan kalinya. Dari itu sekurang kurangnya wajib kita cuci sekali-sekali, Wajib usappun sekali sahaja.
Cuci tiga kali itu sunnat, karena nabi saw. ada amalkan ; dan usap tigakali, tidak sunnat karena nabi tidak unjukkan.
Kumur-kumur cuci hidung dan usap telinga tidak wajib karena Quran tidak terangkan, tetapi sunnat karena rosululloh saw ada kerjakan. 

Nah sahabat itulah Hadits dari humran yang menerangkan tentang sabda rosululloh saw pada saat berwudhu yang bisa saya bagikan dalam kesempatan kali ini, ikuti terus kelanjutan dari penulisan BAB WUDHU ini yang selanjutnya adalah Hadits dari Ali tentang sifat wudhu Sabda rosululloh, Untuk artikel kali ini saya cukupkan sampai disini, Jika sahabat mempunyai bahan pertanyaan yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar biar nanti kita diskusikan, Akhir kata saya ucapkan wasallam...









loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : BAB WUDHU | Sabda Rosululloh Dari Humran Tentang Wudhu