BAB BIJANA-BIJANA | Sabda Rosululloh Dari Abi Tsalabah Al-Khusyani

Sabda Rasululloh Dari Abi Tsalabah Al-Khusyani
Asalamu alaikum wr. wb, Salam sapa saya kepada sahabat pengunjung blog ini, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel seputar hadits, Yang mana pembahasannya masih sama seperti pembahasan sebelumnya yaitu tentang Bijana-Biajan, Karena yang mencakup sabda dari rosululloh itu lumayan banyak, Dan orang yang menyampaikan sabdanya kepada kita pun berbeda-beda, Berikut ini adalah Sabda rosululloh dari Abi stalabah al khusyani yang saya kutip dari KITAB BULUGHUL MARAM, Hadits Bijana-bijana ke 24, Berikut mari kita simak haditsnya dibawah ini...
Hadits Bijana-Bijana
Sabda rosululloh dari Abi tsa'labah al-khusyani
"An abii sya'labatal khusyaniyyi Qoola : Qultu : Yaarosuulallaahi innaa bi ardhi Qoumin ahli kitaabin, afana'kulufii aaniyatihim ?. Qoola ; (Laata'kuluu fiihaa, illaa alaatajiduu ghoirohaa, Faghsiluuhaa, wakuluufiihaa) muttafakun alaih."
Artinya :
Dari abi tsalabah al khusyani, Ia berkata saya bertanya : Ya rosululloh! sesungguhnya kami (berada) dibumi Qaum ahki kitab, maka apakah boleh kami makan dalam bijana-bijana mereka?. Sabdanya :"Jangan kamu makan didalamnya, Kecuali jika kamu tidak dapat yang lainnya, Maka cucilah dia dan makanlah didalamnya". MutafaQ alaih
Keterangan
Hadits yang keduapuluh empat ini, maksudnya lebihbaik kita tidak pakai bijana kaumahli kitab. kalau tidak ada yang lain, boleh juga kita memakainya sesudah mencucinya, karena mereka itu makan babi dan minum arak, Dan dikhawatiri ketinggalan bekas-bekasnya didalam bijana-bijana itu.

Nah sahabat itulah sabda rosululloh dari Abi Tsalabah Al-Khusyani yang dapat saya bagikan kepada para sahabat semuanya dalam kesempatan kali ini, Untuk kesempatan pada penulisan artikel selanjutnya saya akan menuliskan artikel Hadits bijana dari imran bin hushain, Untuk penulisan artikel kali ini saya tutup sampai disini, Jika sahabat mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar, Biar nanti kita diskusikan, Akhir kata saya ucapkan wasalllam.





Share on Facebook
Share on Twitter

Related : BAB BIJANA-BIJANA | Sabda Rosululloh Dari Abi Tsalabah Al-Khusyani