Gambaran Sanad Atau Pengertian Sanad Lengkap

Assalamualaikum wr wb, hai teman-teman kajian muslim pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel yang lebih lengkap tentang gambaran sanad, dengan begitu insya allah teman-teman dapat jauh lebih mengerti dibandingkan dengan sebelumnya tentang apa itu sanad, nah berikut ini adalah pengertian atau gambaran sanad.

Gambaran Sanad
sanad atau pengertian sanad


Waktu meriwayatkan hadits nabi saw, Bukhari, Umpamanya berkata bahwa hadits ini di ucapkan kepada saya oleh seseorang, namanya A : Dan A berkata, di ucapkan kepada saya oleh B : Dan B berkata, di ucapkan kepada saya oleh C : Dan C berkata, Di ucapkan kepada saya oleh D : dan D berkata, di ucapkan kepada saya oleh E : dan E berkata, di ucapkan kepada saya oleh F : dan F berkata, diucapkan kepada saya oleh G : dan G berkata, di ucapkan kepada saya oleh nabi saw.

Menurut contoh ini, antara nabi dan bukhari, ada tujuh orang, [tujuh orang ini tidak mesti], bisa jadi kurang atau lebih...
Nah itulah yang dinamakan dengan Sanad...

Jika masih kurang paham apa yang di maksud dengan sanad berikut adalah penjelasan lebih mendalamnya...

Contoh :
Sabda rasulullah saw, di dengar oleh sahabat : [Mau itu Seorang sahabat atau lebih]. Nah dari seorang sahabat ini di sampaikan kepada seorang tabi'in [Mau itu seorang atau lebih], Nah dari seorang tabi'in ini di sampaikan kepada orang-orang yang ada di bawah mereka. Demikian seterusnya hingga di catat hadits-hadits nabi oleh imam-imam ahli hadits, seperti malik, ahmad, bukhari muslim, abu dawud dan yang lainnya, Nah itulah yang dinamakan dengan sanad, sanad ini juga bisa dinamakan sandaran, jembatan, titian, atau jalan yang menyampaikan sesuatu hadits kepada kita...

Demikianlah gambaran tentang sanad Sanad adalah, Semoga artikel ini dapat membantu, khususnya yang sedang belajar, untuk lebih jelasnya silahkan pahami juga apa itu rawi dan mudawwin, karena sanad masih bersangkutan dengan kedua hal tersebut, artikel tentang rawi dan mudawwin telah kami tuliskan juga di blog ini, semoga bermanfaat buat semuanya ya, akhir kata kami ucapkan wasalam.





Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Gambaran Sanad Atau Pengertian Sanad Lengkap